PELESTARIAN RUMAH ADAT TIMOR LESTE

0
460
views
timor leste
Source Gambar: flickr.com

Rumah adat ini adalah salah satu tanda seseorang atau penduduk suku. Rumah adat ini terkenal di Timor Leste dengan nama Uma Lulik atau rumah tradisional. Rumah ini sudah ada sejak zaman nenek moyang. Dulunya rumah adat ini digunakan sebagai tempat upacara adat seperti orang mati atau upacara pernikahan. Rumah adat ini sekarang di lestarikan sebagai tempat kunjugan oleh wisatawaan.

timor leste
Source Gambar: bemvindoaotimorleste.blogspot.com

Rumah adat ini memilik ciri khas bangunan yakni atapnya yang terbuat dari ijuk. Rumah adat ini khusus digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu. Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku atau masyarakat. Keberadaan rumah adat di Timor Leste sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam perspektif sejarah warisan dan kemajuan dalam sebuah peradaban, karena eksistensi rumah adat bukan hanya untuk sekedar tempat bernaung, tetapi rumah adat mempunyai identitas dari bentuk dan makna sesuai dengan kepercayaan.

Rumah adat Tradisional Timor leste yang  letak di Distrik Lospalos berbentuk kotak dan memilik sebuah ruang di dalamnya yang biasanya menjadi tempat sakral atau suci bagi kehidupan masyarakat Timor Leste. Rumah adat digunakan juga sebagai tempat untuk berdialog atau diskusi bagi masyarakat Timor Leste, ruangan ini biasaya disebut Lobor Dato. Lobor Dato dianggap penting sebagai tempat terbaik untuk memecahkan persoalan bersama menyangkut kelangsungan hidup suku. Tetapi, tidak semua hal dibicarakan di Lobor Dato ini adalah hal-hal yang diangkap hanya menyangkut kepentingan dan tanggung jawap anggota suku saja. Diskusi yang berlangsung itu dipimpin oleh anggota suku dan para tua adat yang memimpin jalanya musyawarah, mereka mempunyai pemahaman yang luas tentang tradisi dan budaya Timor Leste.

Argumentasi yang sehat dan berkualitas, dengan berbagai masukan dan pendapat dari para anggota dan tetua adat akhirnya dicapailah kata sepakat dalam musyawara adat.

Comments

comments

LEAVE A REPLY