Pande Artha Hidup Dari Optimis dan Terus Mencoba sampai Bisa

271
views
pande artha

Pande Artha adalah salah satu sosok dari generasi muda harapan Bali yang berhasil Mz temukan disalah satu daerah seni di Bali, tepatnya Kabupaten Gianyar. Saat itu Mz maunya sih mau nyari Nasi tepeng disana. Eh tiba-tiba ketemu nih sama Pande Putu Dwi Novigga Artha yang sempet bikin Mz kepo soal keberadaan pria asli Gianyar ini. Langsung aja deh Mz ngobrol asik bareng doi.

Pande Artha adalah seorang juara 1 Jegeg Bagus Gianyar 2016 dan runner up 1 Bagus Bali.

pande artha
Cieehhh manis banget si Artha

Doi sepanjang hidupnya ga pernah kepikiran untuk dapat juara 1 di ajang bergengsi Jegeg Bagus Gianyar. Berkat usaha dan mental baja, akhirnya berhasil menjadi salah satu anak muda berpengaruh dan terkenal se-Gianyar. Wow!

Hidup doi ga seenak yang seperti kamu pikirkan. Pahit banget.

pande artha
Semua itu ada prosesnya

Jadi begini kisah tragis doi sebelum terkenal sampai sekarang

“Jadi dulu itu aku bukan seorang anak yang menonjol sama sekali di lingkungan sekolah, pergaulan sosial hingga di kampus. Aku orangnya pemalu dan beberapa kali dulu masa sekolah atau kuliah ikut kompetisi apapun tidak pernah berhasil”

“Nah setelah tamat kuliah, aku langsung kerja di salah satu konsultan arsitik di Denpasar. setelah 1 tahun kerja dan berpuluh-puluh tahun tidak menjadi apa-apa dan bahkan beberapa cewek pun nolak-nolak aku hahaha”. Nih malah curhat Artha nih, saking bapernya sebelum doi terkenal.

Berawal dari iseng dan penuh keraguan, Pande Artha memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan ikutan Jegeg Bagus Gianyar.

pande artha
Zona nyaman itu ga enak ternyata kalo lama-lama

Doi memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan memutuskan untuk ikut sebuah kompetisi bergengsi di Gianyar bernama Jegeg Bagus Gianyar. Ikutan beginian emang impian Artha dari pas SMA dan pas Jegeg Bagus tahun 2016, doi akhirnya memberanikan diri untuk ikut.

Baca juga:  Bikin Pengungsi jadi Semangat dengan 4 Cara ini

“Akhirnya daftar aja dan lolos berkas. Pas Technical Meeting (TM) pertama kali kumpul semua calon finalis yang hampir 200an orang jumlahnya. Aku grogi banget saat itu dan serba ga percaya diri. setelah TM, mulailah seleksi 30 pasang, kemudian aku lolos dan lanjut seleksi nyari 20 pasang, yah lolos lagi, sampai akhirnya bisa lolos jadi finish di 10 besar Jegeg Bagus Gianyar itu udah bersyukur banget. Ngeliat semua kontestan berpotensi semua, mulai dari anak Jegeg Bagus Unud, dokter, anak olimpiade, anak kesenian, dan sementara aku yang bukan siapa-siapa cuman modal umur dewasa dan pengalaman lebih banyak, akhirnya bisa lolos,” Jelas Artha.

Mulailah doi makin senang dengan organisasi di Jegeg Bagus Gianyar, hingga akhirnya doi kepilih jadi Bagus Gianyar.

pande artha
Ga gampang buat sampe tahap ini

Saat di karantina, disanalah doi makin menyenangi ikut organisasi dan suasana di dalam kompetisi Jegeg Bagus. Ga pernah tersirat dipikiran Artha untuk menang. Doi udah bersyukur banget bisa mendapatkan pengalaman baru plus impian yang selama ini udah terwujud.

Namun Tuhan berkata lain, doi kaget pas malam Grand Final Jegeg Bagus Gianyar, ternyata dapet jura 1 Bagus Gianyar. Senang campur haru memenuhi perasaan Artha, karena semua impiannya udah terwujud menjadi Bagus Gianyar 2016. Ini baru namanya proses yang sebenarnya.

Setelah menjadi Bagus Gianyar, kerasa banget perubahan karakter dari sosok Pande Artha yang dulu diremehin sama orang-orang terdekatnya.

pande artha
Tetap harus bisa menghargai orang lain

“Pelajaran yang didapat dari ikutan Jegeg Bagus Gianyar ini aku jadi lebih menghargai proses kehidupan dan selalu menghormati orang lain. Kita ga tau ke depannya teman kita yang kita ejek dulu, ternyata di masa depan bisa jadi bos kita. Kalo pelajaran lainnya, tentu aku jadi lebih cinta Bali Budaya dan agamaku sendiri setelah gabung di Jegeg Bagus Gianyar.

Baca juga:  Gawat! Ternyata Makanan Ini Sangat Dilarang Dikonsumsi Manusia

Doi pengen banget membangun pariwisata dan budaya Bali, biar lebih mantep.

pande artha
Mulia banget tujuannya doi

“Kalo dapet kesempatan untuk membantu pariwisata tentunya terus mempromosikan apa yang kita punya di Bali khsusnya di Gianyar,  baik melalui mulut ke mulut atau sosial media kita. Tapi kita juga bisa buat kegiatan berbasis pariwisata dan budaya walaupun dengan tindakan kecil, kayak mengajarkan pariwisata dan budaya Bali di sekolah-sekolah terpencil di Gianyar, salah satu contohnya mengajar tari ke generasi muda. Jadi, aku harap banget tema-teman, kita masih butuh banyak tangan penggerak dan dengan bergabung di Jegeg Bagus daerah asalmu bisa membantu membawa perubahan dan mengasah softskill pastinya dalam berorganisasi,” tutur Artha.

Mz akui doi hebat banget dan sungguh kisah yang menginspirasi dari sosok Pande Artha yang sekarang berhasil menggapai impiannya. Intinya jangan pernah menyerah dan terus mencoba sampai impian kamu terwujud. Lebih lengkapnya bisa ngobrol bareng doi dengan follow di Instagram @pandeartha

Comments

comments