Museum Nasional: Traveling Asik Di Hari Kemerdekaan

0
78
views
museum nasional

“Museum Nasional, bikin traveling-mu pasti berkesan dan penuh edukasi”

Masih nuansa kemerdekaan nih, ada yang mau memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus selain upacara bendera? Nih, Mz ngasi referensi biar ada referensi jalan-jalan pas Hari Kemerdekaan. Jalan-jalan ke museum kayaknya menarik juga nih, apalagi bareng keluarga atau pacar. Kalo bareng pacar, wajib nih, caper biar kamu dikira anaknya berwawasan. Nih, salah satu museum yang cocok untuk dikunjungi, tentunya Museum Nasional Indonesia yang pasti bikin nambah wawasanmu seputar sejarah Indonesia.

Museum Nasional Indonesia letaknya di Jl. Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Ada apa aja disana? Wah disana itu banyak banget ada barang-barang peninggalan bersejarah di Indonesia. Museum Nasional adalah museum terlengkap se-Indonesia yang menyimpan ngga kurang dari 141 ribu benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, numismatik, heraldika, keramik, etnografi, dan sejarah. Hampir semua prasasti dan arca yang kalian tau dari buku pelajaran di sekolah disimpen di sini. Buset banyak banget, dijamin bakalan seharian kalian liatin semua barang-barang di museum ini.

museum nasional
Ini nih karya Nyoman Nuarta di Museum Nasional | Sumber: stanleybsee.files.wordpress.com

Menariknya, saat berkunjung ke Museum Nasional adalah terdapat salah satu karya seniman tanah air, bernama Nyoman Nuarta yang berujudul: “Ku Yakin Sampai Di Sana”. Karyanya ini menggambarkan arus perjuangan yang dahsyat melalui semangat dan kerja keras demi mencapai tujuan akhir yang lebih baik. Mantep bener kan? Belum apa-apa kalian udah dikasi kayak pesan motivasi buat ga mudah menyerah. Nah terus kalau kalian memasuki ruang prasejarah, ada beberapa peninggalan dari zaman prasejarah, kaya dalam masa prasejarah manusia sudah memanfaatkan logam (emas, tembaga, perunggu) sebagai sarana upacara dan sebagai alat-alat untuk kehidupan sehari-hari. Tempat ini yang bikin Mz mengenal manusia di zaman paham Hindu-Buddha yang cenderung memakai bahan logam tersebut.

Kalau ngejelasin satu per satu, ga seru jadinya. Mending buat kalian yang pas ke Jakarta, sangat Mz rekomendasi tempat ini. Siapa tahu kalian ketemu jodoh atau menemukan jawaban dari pelajaran sejarah yang diberikan sama ibu guru kalian. Pesan Mz jangan pernah melupakan sejarah bangsamu, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya.

Comments

comments