Monkey Forest Ubud: Seru tapi Deg-Degan

0
52
views
monkey forest

Monkey Forest Ubud bisa jadi cara buat kalian untuk mengenal Bali dari segi kekayaan alam, beserta isinya. Kalian bisa coba pengalaman baru bercengkrama dengan para monyet hutan di Monkey Forest Ubud.

Monyet-monyet di Monkey Forest Ubud ini bener-bener dijaga kelestariannya sama masyarakat setempat. Terlebih monyet-monyet di sini merupakan simbol spiritual, serta punya peran ekonomi dan edukasi bagi masyarakat setempat. Monkey Forest Ubud ini juga dikenal dengan nama Mandala Wisata Wenara Wana yang berarti suatu tempat khusus bagi para monyet untuk tinggal.

Terdapat sekitar empat kelompok monyet yang berdomisili di Monkey Forest Ubud ini. Monyet yang tinggal di sini termasuk adalah monyet ekor panjang yang nama latinnya Macaca Fascicularis. Tak hanya itu, Monkey Forest Ubud ini juga merupakan rumah untuk 115 spesies pohon.

monkey forest
Monyetnya pasti baru bangun ni | Sumber: i2.wp.com

Pendirian Monkey Forest Ubud ini merupakan upaya masyarakat Hindu Bali untuk menjalankan prinsip Tri Hata Karana. Pernah denger Tri Hita Karana kan? Tri Hata Karana ini merupakan tiga prinsip yang harus dijalani untuk bisa memperoleh kebahagiaan. Oleh karena itu, mereka pun ingin menjadikan Hutan Monyet Ubud ini sebagai lokasi untuk bisa menjaga harmonitas manusia dengan lingkungan.

Buat yang mau berkunjung kesini, jangan lupa bawa uang lebih, karena dikenakan tiket sebesar Rp. 40.000,- untuk dewasa dan Rp. 30.000,- untuk anak-anak. Hampir lupa ngasi tau alamatnya hehe… Monkey Forest Ubud terletak di Desa Padangtegal, Ubud, Gianyar. Kalau menempuh dari Denpasar, mungkin sekitar 40 menitan deh, belum lagi macet, karena weekend Ubud pasti Macet. Kalo bingung, bisa pake GPS. Jaman udah canggih kan.

Selama kalian di Monkey Forest Ubud, dilarang melakukan yang aneh-aneh. Soalnya monyet disini sangat dihormati, apalagi kalian dilarang menangkap monyet di Monkey Forest Ubud untuk dijadikan hewan peliharaan. Bisa-bisa nanti diacak-acak rumah kalian. Maklum namanya juga hewan liar, jadi biarin aja mereka di alamnya. Kalian juga dilarang ngasi makan monyet kecuali pisang ya, biar kesehatan mereka tetap terjaga. Kalian masih kepo soal Monkey Forest? Bisa banget kunjungi website mereka di www.monkeyforestubud.com dan enjoy your holiday.

monkey forest
Monyet… kamu beruntung banget bisa deket sama dia | Sumber: escapewithstyledotcom.files.wordpress.com

 

Comments

comments