Mengenal Lebih Dekat Alat Komunikasi Tradisional Bale Kulkul

98
views
bale kulkul

Jaman makin hari makin maju aja, tetapi kalo kamu ke Bali, tradisinya masih belum termakan oleh jaman. Di Bali kamu masih banyak bisa temui berbagai kearifan lokal yang masih kental dan sampai saat ini masih dilestarikan, seperti salah satunya kesenian tari Bali yang fenomenal.

Makanya Pariwisata di Bali sampai sekarang masih tetap asri-asri aja. Berbicara soal tradisi, ada sebuah cara orang Bali dalam memanggil seluruh masyarakat desa, yaitu dengan memukul sebuah Kulkul. Meskipun kedengarannya jadul banget, tetapi tradisi ini sampai saat ini masih dilaksanakan. Kamu bisa lihat kemegahan Bale Kulkul berdiri tinggi di setiap sisi bagian luar Balai Banjar tiap desa di Bali.

Bale Kulkul sampai saat ini masih digunakan

Anak muda Bali pasti udah ga asing dengerin suara kulkul yang pertandanya bermacam-macam. maklum jaman dulu emang kulkul digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengumpulkan seluruh masyarakat desa terkain suatu hal atau kegiatan tertentu. Kepo kan apa aja fungsi dari kulkul ini, berikut Mz kasih tau fungsi kulkul berdasarkan Infobudayabali.com

Kulkul berfungsi tanda pertemuan rutin masyarakat Bali

bale kulkul
Kalo mau kumpul. langsung aja bunyikan | Sumber: detikkasus.com

Kalo mau ngerahin massa, biasanya langsung ke Bale Kulkul

bale kulkul
Kalo ada sesuatu yang mendadak juga bisa | Sumber: balitribune.co.id

Pertanda adanya sebuah bencana alam yang besar

bale kulkul
Bisa juga nih sebagai petanda bencana

Pastinya menarik banget jenis alat komunikasi ini yang terbuat dari kayu pilihan dan tetap selalu diisi canang, karena kulkul ini juga dianggap mistis oleh Orang Bali. Kebanyakan memang peninggalan budaya orang Bali itu kebanyakan berbau mistis. Oleh karena itu, tugas kita sebagai generasi muda untuk tetap melestarikan berbagai kebudayaan Bali yang ada agar bisa diteruskan ke generasi selanjutnya.

 

Comments

comments