MENGAPA MENGUAP BISA MENULAR?

0
275
views
mengapakitamenguap
Ilustrasi menguap. Source : intisari-online.com

Pada tau menguap ngga? “Proses perubahan benda cair ke benda gas!” Seratus buat kamu! Tapi yang Masbrooo bahas di sini bukan yang itu. Menguap yang dimaksud adalah kegiatan “wahem-wahem”, biasanya sebagai pertanda kalo kita mengantuk. Nah, kalo ngerasa ikutan menguap setelah liat orang lain menguap juga pernah ngga?

Nah, ternyata ini bukanlah sebuah latah atau pengaruh ke-mainstream-an seseorang.Yap, menguap memang bisa menular. Hal-hal simple kaya gini ada penelitiannya, Brooo. Menurut para ilmuwan di University of Pisa, Italia, kalo penularan menguap ini kecendrungannya semakin tinggi di antara orang-orang yang terhubung secara sosial. Jadi penularan menguap ini bisa dibilang tanda empati antar seseorang.

Nah, dalam penelitian ini melibatkan 109 sukarelawan dari Eropa, Amerika Utara, Asia, dan Afrika. Pas penelitian itu, orang pertama dibiarkan menguap, dan orang kedua dibiarkan buat nge-respons orang pertama setelah menguap, dalam jangka waktu 3 menit. Dan hasilnya? Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang mempunyai hubungan kedekatan sosial akan ikut menguap kurang dari 1 menit setelah kerabatnya menguap. Kalo yang ngga kenal, butuh sampai 3 menit buat ngebales menguap setelah orang pertama menguap.

Dan ini temuan lain pula, penjelasan yang lebih IPA, penyebabnya karena aktifnya sistem saraf cermin. Jadi sistem saraf cermin ini bertindak sebagai penggerak untuk meniru dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran manusia. Jadi kalo sistem neuron cermin ngga aktif saat melihat orang menguap, ya udah, keinginan buat nge-respons menguap ya ngga ada.

Nah dari 2 penjelasan itu, Masbrooo menarik kesimpulan bodo-bodoan, mungkin cara mengaktifkan sistem saraf cermin itu ada hubungannya dengan faktor empati. Jadi, Brooo, bahaya juga kalo saat pacaran berduaan, tiba-tiba salah satunya menguap, bisa memancing yang lain buat menguap. Hmm, semoga deh ending-nya bukan bobo bareng. :p

Iseng browsing, dan nemu beginian di health.detik.com dan republika.co.id.

Comments

comments

Previous articleMASUK ANGIN
Next articleMOTIFMOTIFAN
Punya banyak cerita, jadi suka bercerita. Berharap kamu menjadi salah satu cerita yang akan diceritakan ke anak kita nanti.
SHARE

LEAVE A REPLY