Makna 72 Tahun Indonesia Merdeka

0
104
views
makna 72 kemerdekaan indonesia

72 tahun sudah Indonesia Merdeka, Ga kerasa ya udah 72 tahun aja nih! Tapi Mz ngerasainnya biasa-biasa aja ya, mungkin karena tiap tahun merayakan Hari Kemerdekaan segitu-gitu aja, seperti upacara bendera dan lomba-lomba 17-an. Setelah itu nonton di TV film-film tentang Kemerdekaan.

Karena kebosenan itu, Mz akhirnya melakukan sebuah kerjaan iseng ingin tahu makna dari angka 72 dibalik perayaan 72 tahun Indonesia merdeka. Hasilnya Mz menemukan beberapa informasi mengenai makna dibalik angka 72 tahun Indonesia Merdeka.

1. Hafnium (Hf) adalah nomor urutan atomnya 72

makna 72 tahun indonesia merdeka
Di umur 72 Indonesia inginnya biar kayak Hafnium, melindungi gitu | Sumber: previews.123rf.com

Anak SMA atau anak MIPA pasti tahu urutan tabel periodik senyawa atom kimia. Nah ada jenis senyama atom yang berurutan nomor 72 bernama Hafnium (Hf). Hafnium adalah unsur kimia yang tergolong dalam kategori logam grup 4. Pada dasarnya, Hafnium menghasilkan lapisan pelindung yang kuat terhadap kontak dengan udara, sehingga memiliki sifat ketahanan korosi (kerusakan karat pada logam) yang tinggi. Kalua dikaitkan dengan angka 72 tahun Kemerdekaan Indonesia, berarti harapannya Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan memiliki pelindung yang kuat dari sifat yang dapat membuat Indonesia mengalami kerusakan.

2. 72 derajat Fahrenheit itu suhu kamar yang baik

makna 72 tahun indonesia merdeka
Kamar yang baik itu 72 derajat Fahrenheit, apalagi ditambah pelukanmu | Sumber: www.popeti.com

Kalo kamar kalian ingin terasa nyaman dan hangat, tentu harus suhu kamarnya berkisar antara 68 derajat Fahrenheit sampai 77 derajat Fahrenheit (20 Sampai 25 derajat celcius). Tapi semua itu ada yang paling bikin kalian nyaman tentunya, Yu… dengan suhu ruangan sebesar 72 derajat Fahrenheit, kalian sudah pasti akan merasa nyaman tidur di kamar kalian sendiri. Kalau dikaitkan dalam angka 72 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, diharapkan Indonesia dapat terus menjadi negara yang nyaman bagi warganya dan sehat bagi seluruh rakyatnya.

3. Pas sama jumlah  Stupa Candi Borobudur 72

makna 72 tahun indonesia merdeka
Baru tahu Candi Borobudur jumlah Stupanya 72 buah | Sumber: semarang101.files.wordpress.com

Ternyata Mz baru tahu jumlah seluruh Stupa yang ada di Candi Borobudur jumlahnya sebanak 72. Banyak banget, Brooo! Tapi pembuatan 72 itu ada aturannya juga lho. Menurut kepercayaan orang Jawa dahulu, stupa ini digunakan sebagai penanda awal musim atau waktu tertentu sesuai perhitungan musim Jawa. Semoga aja di 72 tahun Kemerdekaan Indonesia ini, Indonesia menjadi sebuah awal yang baru, awal yang indah dari sebuah harapan rakyatnya.

4. Fengshui 72 adalah Hoki yang Mudah dan Baik

makna 72 kemerdekaan indonesia
Yang angkanya 72 hoki dan baik ni | Sumber: www.asianentrepreneur.org

Dari duni per-Fengshuian juga ada lo makna dari angka 72. Katanya sih angka 72 memiliki arti yang sangat baik dan juga memiliki arti “hoki yang mudah dan baik”, sedangkan dalam Shio, angka 72 berarti “keinginan”. Kalau digabung keinginan yang mudah baik dong? Ga harus seperti itu, intinya sih, kalau ngena ramalan Fesngshuinya (biasanya ngena) Indonesia mendapatkan keberuntungan yang mudah dan juga baik, serta memiliki keinginan dan potensi yang kuat dalam bersaing di dunia internasional.

Nah itu tadi empat keisengan riset Mz mengenai makna dibalik angka 72 tahun Kemerdekaan Indonesia. Pada dasarnya sih, kita sebagai generasi muda yang memiliki peran penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih cihuy lagi. Mz juga berharap semoga di umur 72 tahun ini Indonesia bakalan ada sedikit perubahan untuk terus meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakatnya.

 

Comments

comments