Made Mawut: Blues dan Masak Jadi Satu

0
65
views
made mawut

Made Mawut bukan sambal mawut ya, bukan pula nasi goreng mawut.

Ini salah satu musisi Blues asal Bali yang mainnya mawuuuttbanget! Kesehariannya bisa cari di Taman Baca Kesiman gitu dan Mz berkesempatan bertemu dengan Made mumpung doi lagi ga sibuk.

Engken kabar, De?
Becik-becik, Mz… Men Mz engken kabar ne?

Baik-baik masih, De! By the way lagi sibuk apaan ni?
Yaa, biasa aku sibuk Tri Sandya bait ke-5 sama ke-3, Mz! Hahahaha…
Masih seputaran masak-masak dan musik-musik demi sesuap rujak cuka.

made mawut
Made Mawut adalah mantu cager impian, karena bisa masak dan main musik.

Mantappp, De! Ngomong-ngomong masalah musik, Made sendiri kan tak liat-liat (kepo di instagram @mademawut) maen musik blues gitu.
Kenapa suka musik Blues De? Dan Kok bisa seneng masak sih?
Gimana ya cara ngejelasinnya hehehe… Kalau musik Blues emang suka dari dulu dan itu menurut saya itu suatu kebutuhan bukan pilihan. Memainkan musik Blues bikin lebih enak gitu, Mz! Kalau masak juga bukan pilihan, soalnya itu emang sukanya saya memasak. Jadi, memasak untuk perut yang lapar dan Blues untuk jiwa yang rapuh.

Asedaaaap! Untuk lagu udah berapa yang diciptain, De?
Kalo itu aku udah pernah bikin album yang berjudul Blues Krisis yang lebih menyuarakan tentang pendapat yang dibungkam. Aku berusaha menyuarakan hati tentang lingkungan sosial yang saat ini sudah semakin ga baik aja nih! Semoga aja didenger sama pemerintah…

Mantap pokoknya Made Mawut ini, menyuarakan dengan gaya sendiri tentu, bakal terciptanya kepuasan tersendiri dalam bermusik. Musik udah jadi konsumsi sehari-hari manusia di bumi, apalagi musik Blues ini. Aliran Blues merupakan aliran musik tertua yang berada di muka bumi, sebelum Jazz, Rockabilly, Rock dan lainnya. Melalui aliran Blues ini, Made Mawut terus mencoba menyuarakan berbagai isu lingkungan yang sedang saat ini terjadi. Ngga percuma dah doi selalu menghafal Tri Sandya bait ke-5 dan ke-3 tiap hari…

Kalau dari Made sendiri, gimana sekarang perkembangan musik di Bali?
Kalau dari aku sih, kita ngomongin Blues ya, sekarang kayaknya perkembangan musik di Bali lebih beragam. Dari gaya Blues tradisional ala budak afrika sampai Blues improvisasi “Nuclear Sciences”. Istilah “Nuclear Sciences” kayak semacam improvisasi dari sebuah kreativitas perkembangan musik aliran Blues itu sendiri, Mz!

Ada pesan-pesan buat anak muda Bali nih?
Pesan untuk anak muda Bali, hmm, mungkin seperti kayak gini, tanamlah rumputmu sendiri karena ladang rumput kini semakin berkurang.

Berhubung Made Mawut lagi sibuk banyak orderan masak, jadi Mz cuman sebentar aja bisa ngobrol asik bareng dia. Nah, musisi Made Mawut, ga hanya jago mainin gitar dalam alunan Blues, tentunya juga pinter masak. Hobi masak dan musik, hmmm…. kurang apa coba lagi si Made Mawut? Siapa tahu dapat menginspirasi kalian lewat lirik-lirik cantik tiap lagunya.

Banyak banget sebenarnya, hal yang bisa diambil dari sosok musisi Made Mawut yang ceria dan suka masak ini. Kalau kalian ingin nyari Made Mawut, bisa nongkrong di Taman Baca Kesiman, Denpasar, atau di IG-nya kalo males keluar rumah.

Comments

comments