Macet Lagi, Macet Lagi

0
243
views

..Macet lagi, macet lagi. Gara-gara Si Komo lewat.. Begitu kata Kak Seto. Tapi setelah dicek, ternyata tiada Si Komo di antara kita. Yang ada hanyalah dusta (Emosi tingkat dewa, di bawahnya dikit lagi)!

Apa penyebab macet? Banyak. Tapi yang paling jelas adalah karena banyaknya jumlah kendaraan, dengan lebar jalan yang kurang. Solusinya? Melebarkan jalan? Bisa, tapi untuk sesaat. Membuat jalan? Sama aja. Dan sebenarnya masalah macet ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah aja. Sangat bijaksana kalo kita bisa membantu, ya dengan cara-cara ini oke juga.

NAIK SEPEDA

Dengan mengaktifkan kembali bersepeda sebagai alat transportasi sehari-hari, maka kita udah ngebantu pemerintah buat ngurangin macet. Dan ngga cuma macet, polusi pun akan berkurang. Tapi panas, Brooo! Bener juga sih. Seandainya ada loker dan kamar mandi memadai di sekolah, kampus, atau tempat kerja, ini bukan masalah. Kalo ngga buat berangkat sekolah, kuliah, atau kerja, ya paling ngga ke tempat tongkrongan naik sepeda oke juga tuh! Ayo balikkan lagi trend Bike to Everywhere!

MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM

Trans Sarbagita

Saat ini udah banyak kan transportasi umum yang murah. Tuh, liat Trans Sarbagita, hanya dengan 3000-an kamu udah bisa keliling Bali! Dan jangan lupakan feeder-nya yang gratisan, yang siap mengantar kamu ke halte Trans Sarbagita (udah dibahas di Masbrooo #2). Dan kalo ini dikolaborasiin dengan “Naik Sepeda”, bakal oke punya. Naik sepeda sampe halte, dan berikutnya naik Trans Sarbagita. Tuh, solusi baru kan?

MENEKAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR

Gunakanlah uang sebijaksana mungkin. Ya, walopun ini uang situ, cuma ya, saran aja, dengan ngga menghambur-hamburkan uang buat beli kendaraan bermotor, berarti ikut ngebantu juga buat ngurangin macet. Menghambur-hamburkan yang kaya gimana, Brooo? Ya, misalkan aja buat anak kuliahan dan SMA, seberapa penting sih bawa mobil ke SMA atau kampus? Apalagi biasanya 1 mobil itu cuma dibawa oleh 1 orang aja. Wow! Keren, cuma kurang bijaksana. Toh juga pas nyampe kampus atau sekolah mobilnya lebih banyak ngabisin waktu di parkiran.

 

Nah, sekiranya itu yang kepikiran Masbrooo saat ini. Ya kalo ada ide lain lagi yang mungkin bisa di-share, monggo. Bisa di-share lewat twitter [at]Masbrooo, facebook [slash]masbrooomagz, atau email halo[at]masbrooo.com.

Comments

comments