Lawar dan THR Kalah Jauh dengan Hal Ini saat Perayaan Galungan di Bali

175
views
perayaan galungan

Udah pasti hari senang-senang dan penuh dengan banyak makanan cuman pas Galungan yang bisa bikin para kaum-kaum diet ketat menyerah akibat aroma kuah dan lawar babi yang begitu menggoda. Hari-hari biasa kamu bisa penuh semangat dan dedikasi untuk menjaga body tetap ideal (terutama buat cewek), tetapi saat perayaan Galungan ini, itu bakalan hancur seketika.

Bayangin aja lawar terus diisi nasi hangat lengkap sama kerupuk dan kulit babi yang krispi banget. Belum lagi ada kuah komoh yang benar-benar bikin air liur mengalir deras. Setelah itu jangan lupa makan dessert khas Bali, Jaje Uli dengan tape disampingnya. Enak banget kan? Belum tentu sih, karena kesukaan orang kan beda-beda, ada yang habis makan langsung minum sebotol bir atau segelas cola lengkap dengan es batunya.

Tetapi ternyata saat Galungan, ternyata hal ini bukan menjadi sesuatu yang benar-benar spesial selama perayaan galungan di Bali. Ini berdasarkan pengakuan dari beberapa netizennya Mz ya, kali aja kamu memiliki cara yang berbeda untuk bersenang-senang saat Galungan. Berikut beberapa hal yang sangat ditunggu-tunggu saat perayaan galungan di Bali.

Jadi hari liburan asik buat happy-happy

perayaan galungan
Libur telah tiba buat para pelajar di Bali

Ini yang membuat kenapa para anak remaja yang masih kuliah atau sekolah di Bali paling senang saat menyambut hari Raya Galungan. Liburan adalah sesuatu yang bakalan dinikmati setiap anak sekolah, pegawai Bank, Instansi Pemerintah, dan beberapa perusahaan yang meliburkan diri saat Galungan.

Baca juga:  Pas Galungan Ternyata ada 3 Jenis Kala ini

Ucapan selamat bertaburan di media sosial atau grup chat kamu pastinya dan bahagia banget ya ketika mendapatkan THR dari kantor juga. Buat anak sekolah yang masih jadi pelajar, liburan ini sangat dimanfaatkan untuk istirahat dan bersenang-senang dengan teman-teman mereka tanpa harus memikirkan tugas sekolah.

Galungan tidak akan meriah tanpa ada tradisi Ngelawang Barong Bangkung

perayaan galungan
Jangan lupa undang ke rumah ya

Sampai sekarang tradisi Ngelawang Barong Bangkung selalu mewarnai saat Galungan. Anak-anak kecil hingga remaja sangat semangat kalau urusan menarikan Barong Bangkung. Rumah demi rumah bakalan dimasukin sama Barong bangkung dan tidak lupa memberikan uang seikhlasnya sebagai upacapan terima kasih telah memberkati rumah kamu. Bingung kan? Baca dulu deh artikel Mz “Barong Bangkung: Ga Sekedar buat Hiburan Ngelawang Semata” nanti kamu paham maksudnya.

Melihat Penjor-penjor menghiasi sepanjang jalan di Bali

perayaan galungan
Bagus kan Penjornya? | Sumber gambar: forumstudimajapahit

Tidak perlu sekarang jauh-jauh pergi untuk sekedar berfoto keunikan di Bali. Saat Galungan bakalan banyak banget ada berbagai macam Penjor yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penjor ini juga memiliki daya tariknya sendiri ya dan menjadi ajang kompetisi tiap-tiap Banjar di Bali dengan hadiah yang fantastis lho. Jadi, kamu ga bakalan sia-sia deh bikin Penjor bagus selama Galungan.

Baca juga:  Mungkin Kamu Pernah Merasakan Jaman Ini di Bali

Nunggu doi peka, maksudnya?

perayaan galungan
Kodein aja terus jangan nyerah | Sumber gambar: amazonenaws

Ini salah satu netizen Mz @andedewi pengen menyadarkan pasangannya untuk cepat-cepat peka. Peka ngapain ya? Kalau dilihat-lihat sih antara 2 kemungkinan, satu diajak jalan-jalan saat Umanis Galungan atau kedua bisa jadi sudah tidak tahan pengen cepat-cepat dilamar :D. Yang jelas doi pengen pasangannya segera sadar atas banyaknya kode-kode yang sudah diberikan.

Tidak ada yang lebih berharga dari kumpul bareng keluarga

perayaan galungan
Enak nih makan sambil ngobrol

Galungan memang menjadi kesempatan buat kumpul bareng dengan para anggota keluarga jauh. Udah pasti kangen berat ketika jarang ketemu dengan saudara yang sedang menjalani pendidikan diluar Bali. Sekalinya pulang udah pasti heboh cerita seru gimana kehidupan diluar Bali. Asik banget benar bisa saling berbagi dan kumpul bersama dengan keluarga kamu.

Gimana Galungan kamu tahun ini? Pastinya seru ya, dan ini menjadi sebuah kesempatan bagi para umat Hindu di Bali untuk berbahagia dalam merayakan kemenangan Dharma melawan Adharma atau kebaikan melawan keburukan.

Comments

comments