Konsep Pegangan Hidup Orang Bali, Bikin Kamu Ajeg dan Shanti

572
views
pegangan hidup

Namanya juga hidup, ga selamanya indah dan menyenangkan. Selalu aja ada masalah tiap harinya. Tapi bagi orang Bali punya beberapa cara agar bikin hidupnya senantiasa terjaga Ajeg danĀ Shanti atau tetap tentram dan damai. Ternyata konsep pegangan hidup mereka ini kembali pada ajaran-ajaran yang udah di wariskan sama leluhur sebelumnya.

Maklum orang Bali yang mayoritasnya beragama Hindu pasti tahu bagaimana cara menghargai hidup ini dengan sebaik-baiknya. Berikut udah Mz rangkum, kali aja kamu minat buat sekedar tahu konsep ajaran pegahan hidup orang Bali agar tetam tentram dan damai.

Konsep Tat Twam Asi orang Bali bakal ngajarin kamu untuk lebih mau menghargai sesama

pegangan hidup
Aku adalah kamu dan kamu adalah aku

Ajaran Tri Hita Karana, biar hidup kamu dengan alam jadiĀ balance

pegangan hidup
Pedulinya ga cuman sesama manusia aja

Orang Bali masih percaya hukum karma, jadi penerapan konsep Karma Phala bikin orang mikir dua kali untuk melakukan kejahatan

pegangan hidup
Kalo baik perbuatannya, hasilnya juga bakalan baik kok

Budaya orang Bali yang patut ditiru adalah budaya menyame braya, karena kita hidup ga sendirian dan suatu saat nanti pasti membutuhkan bantuan orang lain

pegangan hidup
Saling tolong menolong dan gotong royong | Sumber gambar: telusur.co.id

Konsep Pancasila Krama pas banget buat diterapin setiap hari

pegangan hidup
Ini penting banget pokoknya

Penting banget mempelajari itu semua, karena sebagai manusia kita harusnya bisa membenahi diri agar nantinya bisa menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya tanpa selalu merugikan orang lain.

Comments

comments