Komunitas Historia Indonesia: Belajar Sejarah Dengan Asik

0
262
views

Mumpung lagi hawa-hawa Hari Pahlawan, Mz mau ngasi informasi nih tentang komunitas unik di Indonesia, para pencinta sejarah yang bernama KHI (Komunitas Historia Indonesia).

Wisata_Malam_Kota_Tua_Jakarta
Pake kamera apa sih? Lowlight-nya bagus. |Source: wikipedia.org

KHI atau Komunitas Historia Indonensia ini adalah organisasi nirlaba-independen (sukarela) yang bergerak dalam bidang sejarah, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata. Awalnya kebentuknya karena makin banyaknya anak muda penganut aliran “yang lalu biarlah berlalu”, atau “ah, udah lewat ini”, jadi mereka cuek sama sejarah dan kebudayaan bangsa ini. Ending-nya, males setiap ada pelajaran Sejarah di sekolah, karena citranya udah dianggep sebagai pelajaran yang ngebosenin.

boring
Aduh, tadi di halaman berapa ya?

Maka dari itu, KHI hadir untuk balikin image Sejarah yang ngebosenin, menjadi nyenengin.

KHI memiliki tiga pilar utama dalam setiap gerakannya, yaitu rekreatif, edukatif dan menghibur. Hal ini menjadi wadah bagi kaum muda peduli sejarah dan budaya Indonesia yang didirikan di Jakarta pada tahun 2003 oleh Asep Kambali, mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Beberapa programnya yang cukup dikenal dari komunitas ini adalah Heritage Trail, Walking Tour Soempah Pemoeda, Tour de Busway, dan Night at The Museum.

Heritage Trail

Wisata malam Kota Tua
Mereka ngadain Wisata Malam Kota Tua buat ngerayain ultah KHI yang ke-12. Ngga kaya kamu, ultah ke-12 udah minta ke club malem! | Source: komunitashistoria.com

Herritage Trails ini kegiatan KHI yang ramean berkunjung ke 1 tempat, kemudian ekplor daerah di sekitarnya yang bersejarah. Beberapa tempat pernah jadi tujuannya, kaya berkunjung ke daerah pecinan di Tangerang, kota tua Jakarta, dan lain sebagainya.

Walking Tour Soempah Pemoeda

Sumpah Pemuda
Saking semangatnya, pemuda Indonesia-nya bisa terbang! :O | Source: levitasihore.net

Kalo kegiatan ini ada untuk memperingati Sumpah Pemuda. Yang ini cukup unik. Para peserta yang mau ikutan diharuskan buat make atasan merah untuk cowo, dan atasan putih untuk cewe, kemudian mereka rame-rame mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Mantep!

Tour de Busway

Tour de Busway
Lumayan nongkrong di website! | Source: edutechpost.wordpress.com

Ini kegiatan yang cukup sering dilakukan KHI, dimana mereka bekerjasama dengan TransJakarta, yang kegiatannya keliling tempat bersejarah yang dilalui busway. Ntar ada tour guide-nya juga. Kaya tour beneran kan? Cuma ini pake busway.

Night at the Museum

Night at The Museum
Udah dibilangin, yang ini bukan filmnya Ben Stiller. | Source: ziliun.com

Ni salah satu kegiatan mereka yang asik. Kalo biasanya kan kita ke museum di pagi/siang hari. Nah, ini dilakuin malem hari. Ini kesempatan bagus, karena biasanya malem ke museum bakal creepy. Nah, kalo ini ramean, jadi ya, ngga masyalaaaah!


Info selengkapnya, bisa cek di komunitashistoria.com

Comments

comments

LEAVE A REPLY