Kok Nggak Geli Ya Kalo Menggelitik Diri Sendiri

266
views
Geli
Nggak geli, sumpah! Source Gambar: infomazza.com

Mz jadi inget nih waktu masih jaman suka begadang (akibat jomblo akut) dulu, sempet baca sebuah hot tread di Kaskus dengan topik beginian. Setelah baca-baca, baru deh manggut-manggut. Maklum, sebenernya ini pertanyaan udah lama ngeganjel, cuma males mikirin aja.

Jadi gini, Brooo, sebenernya geli itu adalah suatu respon tubuh terhadap serangan. Jadi kaya tumbuhan putri malu (the shamely princess), saat dipegang tuh, kan suka menutup diri (Introvert kaleeee). Nah, proses geli itu sama, saat tubuh mendapat serangan berupa gelitikan, reaksi yang ditimbulkan berupa geli. Perasaan itu merupakan cara memberitahu tubuh bahwa ada sesuatu di bagian tubuhnya.

Nah, kalo nggak geli pak gelitikin diri sendiri itu, prosesnya katanya begini, bahwa banyak temen-temen pengen gelitikin diri sendiri, otak tuh udah ngantisipasi kontak dari tangan dan telah mempersiapkan kondisi tersebut. Dengan mengontrol rasa kegelisahan dan kepanikan, maka tubuh tidak lagi merespon hal yang sama ketika ia menggelitik dirinya sendiri.

Peneliti dari University College London menemukan bahwa otak kecil (cerebellum) yang mencegah seseorang ngerasa geli. Otak kecil adalah daerah yang terletak di dasar otak dan memantau pergerakan seseorang, nah itu dia makanya otak kecil mampu membedakan antara sensasi yang diharapkan dengan sensasi yang tak terduga.

Kalo otak udah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Ini yang bikin seseorang kalo gelitikin diri sendiri itu nggak geli. Gitu lo, Brooo!

Comments

comments

Previous article10 Tahun yang Berbuah Manis Bagi Skalie
Next articleSambil Menyelam Minum Air Nih, Bales Sindiran Lewat Lagu

Gosen. Boleh pake ‘s’ boleh juga pake ‘z’. Berpikir layaknya bernafas, setiap saat. Main twitter sama instagram di @gosendra kalo lagi pengen. Jarang main facebook tapi kalo mau berteman cari aja Agus Hendra Putra Yasa & kadang bercerita di storysyalala.tumblr.com

SHARE