Kisah Mistis Bali yang Pernah Ada

0
2663
views
Rangda

Wayan: Inget ci pidan Patung Bayi di Sakah bisa idup? (Inget kamu dulu Patung Bayi di Sakah bisa hidup?)

Ketut: Oh ajan. Seken to nah? (Oh iya. Bener itu ya?)

Wayan: Men ci kon! (Ibumu tanyain!)

Selain kaya akan hasil alamnya, Indonesia juga kaya akan cerita mistisnya. Sampe hebohnya, beberapa film lebar bertema mistis sempet trend 5 tahun terakhir. Walaupun mungkin yang di-ekspos mistisnya cuma 50 persen. Sisanya semi-porno. Bahkan, Mz sendiri pengen nonton beberapa film itu bukan karena mistisnya, tapi karena porno-nya. Yaa, lumayanlah nonton artis lagi mandi walaupun tampak belakang doank!

Cynthiara Alona
Salah satu artisnya. “Mz, salah blur tuh!”

Nah, Bali juga salah satu daerah yang punya ke-khas-an untuk mistisnya. Bahkan, beberapa tahun yang lalu ada berbagai kisah mistis Bali yang heboh (sampe jadi headline koran) yang tiba-tiba ceritanya perlahan-lahan menghilang, kaya gebetanmu. Apa aja tuh?

Patung Bayi di Gianyar

Patung Bayi Sakah (Kisah Mistis Bali)
Ayo cari bayinya mana? | Source: static.panoramio.com

Dulu pernah heboh kalo patung ini bisa menangis. Jadi ada kesaksian beberapa masyarakat yang lewat patung ini, biasanya di bulan purnama dan setelah jam 11, patung ini akan menangis. Mz ngga tau nangisnya cuma ngeluarin air mata atau nangis gerong-gerong (sejadi-jadinya). Kalo nangis gerong-gerong bahaya, bisa bangunin warga sekitar. Apalagi kalo nangisnya sambil lempar-lempar barang sekitar. Hiiii!

Patung Gajah-Kancil Klungkung

Patung Gajah-Kancil
Patung Gajah dan Kancil. Ada yang bilang kancil, ada yang bilang rusa. | Source: balibalik.over-blog.com

Kalo dari Patung Bayi, kamu ambil jalur ke timur. Ikutin aja terus sampe memasuki Kabupaten Klungkung, ntar keliatan kok di kanan jalan patung ini.

Patung ini sebelahan sama Goa Jepang. Dan sempet heboh juga, patung ini suka hidup di tengah malem. Selain itu, juga suka dibarengin sama penampakan makhluk dengan kondisi tubuh ngga jelas, setengah manusia setengah binatang (Centaur?). Cuma detil hidupnya patung ini juga kurang jelas, apakah hidup cuma gerak-gerakin belalai aja, apa main-main di pinggir jalan sama kancilnya, atau sampe nyetop jalan ngajakin orang lewat ikutan maen lempar kacang?

Colek Pamor Tapak Dara

Dulu sempet heboh colek pamor di Bali, sekitar tahun 2005. Colek pamor itu apa? Colek pamor itu adalah kegiatan mencolekkan pamor ke suatu media tertentu. Pamor adalah mentahan kapur. Dan di tahun 2005 itu colek pamor heboh dengan motif tapak dara. Tapak dara itu apalagi? Tapak dara ini simbol sederhana dari Swastika dalam masyarakat Bali. Di-simple-in, jadinya gini:

Simbol tapak dara
Kaya gini kalo Swastika di-simple-in. Jadi lambang (+)

Maknanya? Kalo di Bali, lambang tapak dara ini biasanya dipake buat menjauhkan hal-hal negatif. Mungkin itu juga kenapa lambangnya (+). Biar positif gitu!

Terus apa hebohnya colek pamor tapak dara di tahun 2005? Jadi saat itu, Februari 2005, deketan dengan bencana tsunami di Aceh. Nah, di Bali ini beredar kabar bakal terkena tsunami pada waktu itu. Dan secara tiba-tiba, beberapa Sanggah masyarakat di Bali berisi lambang tapak dara dengan pamor. Yang bikin heboh, jumlahnya ini ngga sedikit! Entah siapa yang ngelakuin ini, tiba-tiba aja ada. Dan beredar kabar saat itu, kejadian itu ulah si Hanoman, dan tentunya sedikit kekuatan dari Yang Maha Kuasa, yang ngga bisa dijelasin secara rasional.

Berita itu sempet heboh kira-kira sebulan, lalu lambat laun, sama seperti 2 kisah di atas, perlahan hilang dan menjadi sebuah legenda.


Itu baru 3 aja yang dibahas. Masih banyak lagi Bali punya urban legend semacem di atas. Ayo, ada yang bisa ikut menceritakannya?

Comments

comments

LEAVE A REPLY