Kerja Ilmiah Bareng KISS Smansa Denpasar

0
74
views
kerja ilmiah

Ngomongin soal karya tulis atau ide-ide kreatif, Mz jadi inget Denpasar Highschool Project. Di sana Mz lihat banyak anak SMA se-Kota Denpasar yang berpotensi punya bakat dalam membenahi Kota Denpasar biar makin cihuy! Tapi ada satu yang menarik perhatian Mz, yaitu karya anak SMAN 1 Denpasar yang tergabung KISS yang punya rancangan solusi penanggulangan masalah sampah di Kota Denpasar dengan program aplikasi Go-Trash.

Kelompok Ilmiah Siswa SMA Negeri 1 Denpasar (KISS) ini sudah ada semenjak 17 Agustus 1982. Wah, lahirnya bertepatan pas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia nih! Tujuan ekstra kurikuler ini dibentuk adalah untuk menampung berbagai kreatifitas anak-anak SMA dan minat siswa di bidang karya tulis. Penting banget kalau ada ekstra kurikuler kayak gini dan pastinya seru banget buat ikutan, soalnya kalian bakalan diajarin bikin suatu karya tulis yang nantinya berguna untuk masyarakat ke depannya.

kerja ilmiah
Senyum terbaik 2017.

Biasanya KISS Smansa kegiatan yang pernah dilakukan cukup keren, seperti Pendidikan Dasar, Latihan Turun Lapangan, Perkemahan Ilmiah Remaja, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Debat Ilmiah, Lomba Olimpiade Fisika, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Banyak banget kegiatan mereka ya? Hmm, tapi kira-kira pernah dapet juara ga?

Tenang Mz selalu percaya, “Tidak ada Usaha yang menghianati Hasil”, beberapa prestasi yang berhasil diperoleh KISS Smansa, seperti Juara I Olimpiade Online Nasional tingkat Provinsi 2016, Juara I Lomba Debat dan Diskusi Parade Cinta Tanah Air tingkat Provinsi Bali, Juara I Lomba Essay SMA se-Bali 4th Macro Micro Competition, Juara II LKIR tingkat Provinsi Juara I dan II, serta tentunya Juara I dan Favorit lomba City Innovation Denpasar Highschool Project.

kerja ilmiah
Kayanya udah sering nih fotoan pegang piala gini…

Prestasi tersebut ga semudah yang dijelaskan dengan uraian kata. Perlu banyak usaha, belajar, gagal dan kemudian berusaha lagi untuk menjadi yang terbaik. KISS Smansa tidak hanya sekedar belajar menulis dan merangkai ide kreatif, tetapi mengajarkan juga cara berorganisasi, bersosialisasi dengan sesama, serta kerja sama yang sangat baik.

Buat kalian yang masa SMA cuma belajar dan pulang aja, mending mulai dari sekarang carilah kegiatan yang bikin kalian makin kreatif, karena ke depannya manusia dituntut semakin kreatif dan inovatif. Untuk kepo sama KISS Smansa bisa cari di akun Instagram mereka di @kiss1denpasar.

Comments

comments