Kenapa Suara Cakaran Kuku Di Papan Tulis Bikin Ngilu

695
views
ngilu
Kok ngilu ya? Source Gambar: kesehatangigi.blogspot.com

Ini salah satu suara yang bikin kesel umat manusia. Jauh lebih mengesalkan daripada menyisihkan uang saku tiap bulan. Mz rasa banyak orang pernah ngerasainnya. Kalo nggak suara cakaran kuku di papan tulis, biasanya suara gabus kalo digesek-gesek, besi digergaji, kaca digeser di lantai, dan lain sebagainya. Pada dasarnya itu disebut suara berdecit dalam Bahasa Indonesia.

ngilu
Duh, ngilu. Source Gambar: malesbanget.com

Kenapa sampai begitu mengesalkan? Siapa yang salah? Ternyata yang patut disalahkan adalah bentuk telinga kita. Kanal telinga manusia memperkuat suara lengkingan tinggi sehingga terdengar lebih keras dan mengganggu, begitu kata peneliti dari University of Cologne di Jerman. “Frekuensi suara yang mengganggu pendengar manusia berkisar antara 2.000 Hz dan 4.000 Hz”, kata Michael Oehler, salah satu peneliti. Di penelitian itu juga menunjukan bahwa persepsi orang tentang suara juga ngaruh dalam menilai apakah suara itu mengganggu atau enggak.

Jadi, temen-temen yang ngerasa ngilu saat dengerin suara berdecit, tenang aja, kalian nggak termasuk lebay. Keep sante mamen!

Comments

comments