Bersin Kok “Bless You” ?

0
275
views

bersin

 

Siapa sih yang seumur hidupnya ngga pernah bersin sama sekali? Kalaupun ada yang belum pernah bersin, sebaiknya periksakan diri kamu ke dokter deh, karena bisa jadi kamu sedang mengalami suatu gangguan di dalam tubuhmu. Setiap orang di dunia ini dijamin pasti pernah bersin kok, biasanya bersin ini terjadi ketika kita sedang terserang flu, menghirup debu, alergi bulu binatang dan bahkan saat kita  menghirup bau yang menusuk, contoh sederhana aja nih ya, yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari yaitu saat kita secara ngga sengaja menghirup aroma masakan tetangga yang lagi goreng cabe sekilo, itu perihnya luar biasa berasa banget dah dari hidung sampai kerongkongan! kebayang kan gimana nyiksanya. Ketika kita bersin di hadapan umum, atau lagi bareng temen-temen seringkali salah seorang teman kita spontan bilang “Bless You”! ada nih temen yang rela bilang bless you terus bahkan di saat bersin yang ke 10 kalinya, widihh niat banget kayaknya.

Kenapa Orang Bilang “Bless You” Saat Ada yang Bersin ?

Sering banget denger temen bilang bless you saat kita bersin, tapi ngga tau alasan dan sejarahnya gimana. Mungkin kamu sendiri juga bertanya-tanya kenapa ya orang-orang pada bilang kata ini saat ada yang bersin, bahkan saat ditanya ke temen yang bilang bless you  kadang ga ada yang tau jawabannya apa, kalau pun ditanya bilangnya pasti gini “eh iya ya? gak tau aku” atau kalo temen yang ditanyain agak sotoy a.k.a sok tau bilangnya gini “orang emang gitu tau, biar keren kayak orang bule”. Biar ngga salah paham, aku bakal sharing sedikit nih fakta-fakta mengenai pergunjingan ini.

Berdasarkan tulisan yang aku baca di kaskus nih ya, Discovery Health menyatakan bahwa ternyata sejarah dari orang-orang bilang bless you sudah dimulai saat ribuan tahun yang lalu, orang Romawi mengucapkan “Jupiter Preserve You” atau “Salve“, yang berarti “Semoga Kamu Sehat”. Orang Yunani mengucapkan “Umur Panjang” atau “Long Life” untuk kejadian serupa. Kata “God Bless You” pertama kali diucapkan oleh Paus Gregory the Great, pada abad keenam, dimana saat itu penyakit bubonic (penyakit pes) sedang mewabah, salah satu gejalanya adalah bersin. Ternyata reaksi yang diucapkan di setiap negara juga memiliki arti yang kurang lebih sama. Bangsa German biasa menyebutkan “gesundheit“, yang berarti sehat. Orang di Arab mengucapkan “Alhamdulillah,” yang berarti “Segala Puji bagi Allah”. Di Rusia, ada ucapan khusus bagi anak-anak yang bersin yaitu “bud zdorov” yang berarti “Sehatlah”. Kadangkala juga kata “rosti bolshoi” yang diucapkan yang artinya barangkali “Cepet Gede” atau “Grow big“. Lain pula hal nya di Cina, saat anak-anak bersin, yang sering kali diucapkan adalah kata “bai sui” yang artinya “Semoga kamu hidup 100 tahun”. Well guys, itu semua merupakan kata yang kerap kali diucapkan oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, kurang lebih memiliki arti yang mirip dengan bless you. Ada yang bisa nebak ngga sih, kenapa mereka pada bilang kata-kata itu saat lihat orang lain bersin?

Jadi gini guys, for your information ya jaman dulu itu ada suatu kepercayaan yang mengatakan  bahwa bersin dapat mengakibatkan jiwa seseorang meninggalkan tubuh melalui hidung, dengan mengatakan “Bless You” atau kata-kata sejenis dipercaya akan menghentikan iblis dari upaya merebut jiwa seseorang yang lepas tersebut. Ada juga yang beranggapan bahwa roh iblis memanfaatkan kesempatan memasuki tubuh seseorang yang sedang bersin. Adapula anggapan yang keliru bahwa pada saat seseorang bersin, jantungnya berhenti sementara padahal tidak dan mengatakan “Bless You” adalah ucapan selamat datang kepada seseorang yang jiwanya kembali ke tubuhnya.

So guys, setelah udah aku ajak sedikit flashback beberapa ribu tahun kebelakang untuk belajar sejarah dan keliling dunia untuk cari tau kata-kata sejenis bless you yang sering diucapkan saat bersin di berbagai belahan bumi, aku harap jangan ada lagi dusta diantara kita ya  maksudnya jangan lagi ada yang salah paham tentang ucapan bless you ini ataupun masih ada yang gak tau sama sekali kenapa orang bilang bless you dan setelah baca ini jangan sungkan juga untuk bilang bless you saat ada teman atau keluarga kamu yang bersin, ya! 

Comments

comments

LEAVE A REPLY