Kemerdekaan Republik Indonesia Nuansa Gaya Baru

0
32
views
kemerdekaan republik indonesia

Kemerdekaan Republik Indoensia yang ke-72, kali ini ada sedikit nuansa baru. Mz lihat memang ada yang berbeda dari perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-72 di Istana Negara sih. Biasanya pakaiannya rapi isi setelan jas, kini para tamu yang hadir diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat tradisional. Informasi dari Kompas  undangan HUT RI yang disebarkan pihak Istana, tertulis bahwa tamu diminta mengenakan pakaian tradisional modern.

kemerdekaan republik indonesia
Pak Jokowi mantep gayanya, ini baru BEDA! | Sumber: gimg.kumpar.com

Banyak telihat undangan mengenakan pakaian adat tradisional, sesuai yang diminta Presiden Jokowi, berbagai busana adat tradisional mewarnai Istana Negara, seperti ada undangan yang menggunakan adat Jawa lengkap dengan blangkon dan sarung batik. Ada pula yang mengenakan adat Betawi, berupa baju muslim, sarung yang dikalungkan di leher dan peci hitam. Ada pula yang menggunakan pakaian adat Kalimantan Tengah hingga Papua.

Wah ada apa ini kok Presiden Jokowi nyuruh para undangan untuk pakai pakaian adat ke Istana ya? Nah Mz juga agak bingung nih, tapi ada maksud yang tersembunyi dibalik itu semua. Inovasi baru yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, ternyata bertujuan agar terlihat semangat nasionalisme kita semua. Coba perhatikan baik-baik, banyak sekali busana-busana adat tradisional di seluruh Indonesia yang belum pernah Mz lihat. Tentunya hal ini juga memperlihatkan Indonesia kaya sekali akan warisan budaya pada zaman dahulu.

kemerdekaan republik indonesia
Foto bersama Presiden Joko Widodo dengan para Undangan, Tumben ngadat nih! | Sumber: cdn2.uzone.id

Presiden kita ingin terus melestarikan api semangat nasionalisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai Kebhinekaan. Pas banget dah idenya Pak Jokowi kali ini yang sesuai dengan paham Pancasila, yaitu “Bhineka Tunggal Ika”, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun Indonesia memiliki berbagai suku bangsa dan bahasa, tetap saja bisa bersatu dengan satu tujuannya, yaitu Merdeka. Mz akui kalau Pak Joko Widodo kreatif banget bisa ada ide ngonsepin HUT RI ke-72 dengan nuansa yang lebih berwarna. Semoga kita sebagai generasi muda tetap ingat siapa kita dan darimana kita bersal.
“Saya Indonesia, Saya Pancasila” Merdeka!

Comments

comments