KELAS MENULIS

0
197
views

KelasMenulis

Sudah waktunya warga memproduksi berita sendiri. Masih dari tim Bale Bengong, kini mengajak kalian untuk belajar memproduksi berita yang baik untuk dikabarkan. Berikut wawancara Masbrooo dengan mbak Intan.

Halo, Intan. Boleh cerita sedikit tentang Sloka Institute?
Sloka Institute itu sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengembangan media, informasi, dan jurnalisme. Berdiri tahun 2007. Salah satu program kami adalah Kelas Menulis Jurnalisme Warga yang rutin.

Bagaimana awal terbentuknya Kelas Menulis?
Kelas Menulis Jurnalisme Warga dimulai Januari 2010. Konsepnya berbagi cerita. Karena merasa sayang banget ya kalau cerita perjalanan kita yang asyik lewat tak berbekas begitu saja? Cerita soal jalan-jalan, permasalahan kota tempat tinggal, kuliner, cerita soal apapun bisa
ditulis. Disebarkan di blog pribadi atau blog jurnalisme warga @balebengong Menyenangkan lho ketika cerita kita dibaca dan berguna buat orang lain.

Visi dan misi dari Kelas Menulis?
“Saatnya Warga Memproduksi Berita, Tak Hanya Mengonsumsi,” Apa saja bisa ditulis a la Jurnalisme Warga, di mana warga tak hanya menjadi objek berita tapi sekaligus penulisnya. Tak hanya menulis tapi juga memublikasikannya.

Kalau tentang ‘alumni’ Kelas Menulis. Apa itu?
Alumni Kelas Menulis adalah mereka yang sudah pernah mengikuti kelas menulis dari angkatan 1 sampai angkatan 20, yang terakhir.

Bagaimana cara teman-teman bergabung?
Kita setiap tahun membuka 4-5 kali kelas plus 1 kali Melali Jurnalisme Warga di akhir tahun. Biasanya diumumkan di twitter @slokainstitute.
Syaratnya hanya menyertakan alasan mengapa tertarik ikut kelas menulis. Semuanya gratis.

Terakhir, kontak untuk Kelas Menulis?
Kontak bisa ke twitter @slokainstitute atau di info@sloka.or.id 🙂 Kami tunggu lho siapapun dari kalian, individu atau kelompok, yang mau menulis asyik a la jurnalisme warga.

Comments

comments

Previous articleNONTON BALI
Next articleSIMAKRAMA
Punya banyak cerita, jadi suka bercerita. Berharap kamu menjadi salah satu cerita yang akan diceritakan ke anak kita nanti.
SHARE

LEAVE A REPLY