Kayak Gini Enaknya Kalo Kamu Sering Melakukan Dana Punia

432
views
dana punia

Saling memberi antara sesama manusia memang diajarkan sama seluruh umat beragama, namun namanya aja yang beda-beda, tetapi makna intinya tetap sama. Pas banget kayak pedoman bangsa Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda, tetapi tetap satu tujuannya.

Istilah saling memberi di Bali bernama Dana Punia merupakan salah satu ajaran yang harus dihayati dan diamalkan sama orang-orang di Bali. Berdasarkan sumber Kata Hindu Dana Punia berarti suatu pemberian yang dilakukan secara tulus ikhlas sebagai salah satu bentuk pengamalan ajaran dharma.

Sesuai dengan asal kata Dana Punia, Dana berarti pemberian dan Punia, berarti selamat, baik, bahagia, indah dan suci. Dana Punia merupakan suatu sarana untuk meningkatkan sradha dan bhakti kamu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, dengan melakukan Dana Punia akan membangun sikap kepedulian kamu terhadap sesama.

Baca juga:  Tambah Koleksi Foto Instagram Kamu dengan Liburan di Aling-Aling Waterfall
dana punia
Kalo yang beginian penting banget dilakukan| Sumber gambar: pejeng.org

Pemaham Dana Punia sama kayak konsep Tat Twam Asi dan Yadnya

dana punia
Harus inget dengan sesama | Sumber gambar: stikom-bali.ac.id

Kalo kamu melakukan Dana Punia, berarti kamu secara ga langsung udah menerapkan konsep pemahaman ajaran Tat Twam Asi sekaligus ajaran yadnya, yaitu sama-sama diajarkan untuk saling memberi dengan tulus ikhlas. Saling membantu dan memberi adalah sebuah kewajiban dari ajaran ini, seperti dalam kitab suci Veda yang menjelaskan semua makhluk adalah bersaudara.

Manusia adalah makhluk sosial, jadi ga mungkin bisa hidup sendirian dan pasti suatu saat akan membutuhkan bantuan orang lain. Pas banget kamu mengamalkan konsep Dana Punia ini agar nantinya hidup kamu akan terasa lebih baik dan bermakna. Ga perlu nunggu punya duit banyak, cukup dengan memberi semampunya dan seikhlasnya, itu udah cukup bikin orang lain merasa terbantu dan senang banget pastinya.

Comments

comments