Katanya Sih Lebih Baik Sakit Hati Dari Pada Sakit Gigi, Bener Nggak Sih?

0
223
views
gigi
Source Gambar: kompasiana.com

Seperti kata pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat suatu waktu akan jatuh juga. Nah, merawat gigi dan mulut juga kaya gitu, Brooo. Serajin apapun kamu menyikat gigi ataupun berkumur dengan obat kumur (yakali kumur pake salep), tetep juga harus rajin ke dokter gigi. Karena ngga cuma hati aja yang perlu perawatan extra, gigi pun harus begitu.

“Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”, udah cukup menjelaskan betapa pentingnya kesehatan gigi bukan? Nah, dengan melakukan kunjungan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali kita bisa mengetahui secara detail kesehatan gigi dan mulut kita dan mencegah datangnya penyakit seperti contohnya gigi berlubang, penyakit periodontal (jaringan penyangga gigi seperti gusi, tulang, dll), dan penyakit gawat dalam rongga mulut lainnya yang mungkin terlewat dari pengamatan kita karena kurangnya perhatian pada bagian ini. Dan waktu 6 bulan adalah waktu yang cukup untuk sebuah lubang pada gigi terbentuk dan menjadi awal dari lubang yang lebih besar. Jangan samakan gigi dengan jalan, Brooo.. Karena gigi itu ngga harus berlubang.

Kalo ada orang yang ngeluh giginya berlubang, sakit, bahkan sampe bengkak, maka dapat dipastikan kalo kemungkinan kondisi gigi tersebut sudah parah dan memerlukan penanganan rutin yang jauh lebih ekstrim dan biaya yang lebih besar tentunya. Bahkan karang gigi yang kadang kita anggap sepele dan dibiarkan menumpuk sampai menjadi bukit pun (ngga asik dong di dalem gigi ada bukit) bisa menimbulkan penyakit periodontal, yang berakibat gigi goyang dan ujungnya harus dicabut dan dibuatkan gigi palsu (kalo mau).

Ketika kita rajin memeriksakan gigi kita, jangan berpikir bahwa hal tersebut hanya untuk memperkaya dokter yang merawat kita, atau ini semacam ide promosi dokter untuk menambah pemasukan dompet mereka. Stop berpikir negatif, Brooo! Justru dengan rajinnya pasien periksa kondisi giginya dan mencegah penyakit yang lebih parah maka angka kesakitan gigi pun akan bisa ditekan, jadi otomatis dokter gigi pun beban kerjanya menurun, dan tentu saja pemasukannya kan? Tuh, Masbrooo kasi tips buat bikin dokter gigi semakin miskin.

Comments

comments

LEAVE A REPLY