Kalo Punya Keris Sakral Ini, Kamu Bakal Jadi Incaran Kolektor Keris

555
views
keris sakral

Ngomongin soal Keris, salah satu benda pusaka punya Indonesia ini, memiliki nilai kesenian sekaligus kekuatan magis yang bikin orang-orang rela mengelilingi Indonesia buat dapetin keris sakti nan mantraguna. Bali juga puunya keris sakti yang diwariskan turun temurun sama leluhur Bali jaman dulu.

Berdasarkan sejarahbali.com kalau Keris Bali adalah bagian dari peninggalan sejarah ke pemimpinan kerajaan Majapahit, yang merupakan pengaruh dari budayaan Majapahit yang sangat kental pada saat itu. Sehingga senjata perang seperti keris digunakan oleh kerjaan-kerajaan di pulau dewata.

Keris Sakral Tayuhan yang punya kekuatan magis

keris sakral
Kali aja punya yang beginian | Sumber gambar: assets.catawiki

Dilihat dari filosofinya, Keris Bali merupakan perlambangan dari nilai sejarah kehidupan agama hindu, sehingga mereka memiliki sebuah hari khusus untuk merawat dengan segala bentuk upacara terhadap pusaka Keris tersebut.

Baca juga:  Mengkritik yang Asoy tuh Kayak Gimana Sih?

Biasanya sih ini harinya ditentukan berdasarkan perputaran bulan terhadap bumi. Sedangkan untuk penentuan ritual kepercayaan agama hindu di Bali berdasarkan penaggalan kuno Hindu Bali.

keris sakral
Ga boleh sembarangan megangnya

Sebutan untuk Keris Sakral di Bali bernama Keris Tayuhan dan Keris jenis ini memiliki kekuatan mistis, di mana didalam Keris ini bersemayam manifestasi dari roh para leluhur. Keris Tayuhan bentuknya lebih mementingkan tuah daripada keindahan bentuk keris. Makanya kalo kamu punya jenis Keris ini, mending dijaga baik-baik deh warisan leluhur kamu, karena ada aja masyarakat di Bali rela untuk bersusah payah dalam mendapatkan keris mistis yang sakti.

Comments

comments