Jero Mangku Karyawan: Jangan Takut Beda

434
views
Jero Mangku Karyawan

Setelah sukses mengisnpirasi dengan Jero Mangku Gede Andika, kali ini Mz ketemu sosok Jero Mangku lagi, tapi sedikit tua, namun punya semangat membara kaya anak muda, bahkan bisa lebih.

Kenalin Jero Mangku Komang Karyawan yang bisa dipanggil dengan 2 huruf saja “Om”. Om Jero ini, selain melayani masyarakat jadi seorang pemangku, ternyata doi punya sebuah usaha kreatif bernama Highlander Music Craft, semacam bikin custom drum gitu. Akhirnya Mz memutuskan untuk ngobrol, karena tingkat kepo Mz yang mendadak tinggi.

Halo Om, apa kabar nih? Sorry baru sempet ngabarin nih, Om…
Santai Mz, no worries… Saya lagi santai juga nih!

Lagi sibuk apaan nih, Om?
Lagi rebahan nih, Mz! Maunya finishing kick bass, tapi posisi uenak di tempat tidur, hahahaha!

Mz kepo nih Om, mau nanya apa seorang Pemangku boleh berbisnis ya? Maaf sebelumnya kalau kurang sopan nanyanya…
Kalo Jero Mangku di luar kegiatan business, itu tugas negara bagian atas sebagai pengayah di Pura. Dua hal yang berbeda, kita diberi pikiran untuk digunakan berlogika. Logikanya kalau saya tidak berusaha bagaimana menopang kehidupan keluarga? Karena melayani keluarga juga Yadnya. Dulu saya sempat menjadi seorang General Manager di Villa. Kemudian memutuskan untuk berhenti, karena sudah mulai ga nyaman. Akhirnya setelah berhenti, saya mengikuti passion lama saya dengan mendirikan Highlander Music Craft dan hingga saat ini masih berjalan dengan lancar.

Jero Mangku Karyawan
Kalo mau drumnya Om Jero, kontak aja langsung dia di Facebook Jero Mangku Komang Karyawan.

Maaf sebelumnya, kalau yang Mz pernah dengar menjadi seorang pemangku bukannya harus lepas dari duniawi ya?
Bukan seperti itu sih, selama kita masih hidup di dunia, maka akan masih terikat duniawi.

Wah, Mz terkesima. Logis nih penjelasannya. Jadi selama kita hidup di dunia berarti masih terikan duniawi. Meskipun menjadi seorang Pemangku, tetap aja harus bisa menghidupi keluarga. Meskipun Om Jero udah jadi seorang Pemangku, tetapi saat ini masih menggeluti passion bikin custom drum.

Nah pas Om memutuskan untuk berhenti menjadi seorang GM, gimana reaksi keluarga nih?
Yaa, awalnya pasti sulit menerima, tapi akan lebih susah lagi kalau saya bertahan disana. Setelah itu saya akan mencoba membuktikan, kalau bisa sukses dengan passion yang saya geluti saat ini.

Berbicara dunia kreatif, bisa jelasin ga kalau dari pandangan Om, dunia kreatif di Bali itu sekarang seperti apa?
Kalau dari pandangan saya, Bali ini orang-orangnya kreatif semua. Soalnya Gumi Bali di kenal di seantero jagat raya ini, karena kemampuan manusia Bali mengolah kerajinan, dari batu bulitan menjadi patung bernilai tinggi, seperti Gamelan Bali dan ukirannya. Di Bumi belahan mana kita bisa temukan pulau seperti Bali? Karena itulah kita patut berbangga memiliki kreativitas seni yang jarang dimiliki daerah lain.

Berbicara masalah kreativitas, menurut Om sendiri kreativitas anak muda Bali sekarang kayak gimana?
Yaa, sangat kreatif, seperti Masbrooo ini kan salah satunya. Berawal dari iseng, kalian sekarang udah serius membangunnya sebagai media kreatif anak muda.

Makasi banyak Om, hahahaha! Tapi kalau sekarang berbicara masalah bisnis, awalnya bikin Highlander Music Craft ini belajar bikin custom drum dari mana ya, Om?
Wah kalau itu panjang ceritanya. Saya belajar bikin custom drum otodidak. Demi passion ini, saya rela bolak-balik ke luar Pulau Bali untuk belajar sampai bisa.

Wah, mantap, Om! Btw apa keuntungan kalau orang memiliki custom drum tu apa ya Om?
Pastinya sesuai dengan apa yang dia inginkan. Custom drum dibuat berbeda dengan drum pabrik pada umumnya yang dibuat secara massal. Custom drum ini dibuat sesuai dengan permintaan dan selera customer. Jadi pasti ada sedikit kebanggan memiliki drum pribadi sesuai dengan konsep dan selera si pemesan.

Untuk profit dari Highlander Music Craft ini udah lumayan, Om?
Saya enggak pernah ngitung berapa banyak dapat keuntungan dari hasil Highlander Music Craft, karena ini berkaitan dengan passionate dan kadang profit di awal woles aja mikirnya. Yang penting hasil karya saya digunakan dengan senang hati oleh orang. Value will follow.

jero mangku karyawan
Nunas tirtanya, Om!

Intinya berkarya dulu, terus karya kita banyak orang suka dan otomatis profit itu sendiri bakalan mengikuti kalian. Patut di contoh nih Om Jero, ga pernah mikirin seberapa banyak keuntungan yang didapat. Sampai sekarang terus berkarya menciptakan berbagai drum custom untuk pelanggannya.

Harapannya untuk Highlander Music Craft kedepannya gimana Om?
Harapannya bisa berkembang bagus, dengan berusaha terus, promo terus, menjaga kualitas, dan menjadi lebih kreatif.

Wah, sukses pokoknya buat Highlander Music Craft deh, Om! By the way ada pesan-pesan untuk anak muda Bali nih?
Be Creative! Find your Passion, jangan takut mencoba, jangan takut beda, dan yang paling penting positif.

Dan akhirnya, Om Jero kembali melakukan rutinitasnya bikin drum dan sebagai seorang pemangku. Dua pekerjaan yang menurut Mz keren banget. Tetap bisa melayani masyarakat dan alam semesta, dan bisa menggeluti apa yang kita suka dan menjadi beda dari yang lain. Setiap orang pasti memiliki daya kreativitasnya sendiri, jadi ikuti passion-mu dan bangga jadi beda!

Comments

comments