Jangan Tidur Setelah Sahur, Kenapa?

0
185
views

Jangan tidur setelah sahur! Sahur adalah salah satu aktivitas makan yang menjadi sunnah bagi yang ngejalanin puasa di bulan suci Ramadhan. Biasanya sahur dilakukan subuh-subuh jam 3 atau jam 4 pagi gitu, tergantung daerahnya juga sih! Yang jelas sahur ini dilakukan sebelum matahari terbit (kalo setelah matahari terbit namanya breakfast).

[irp]

Selama Ramadhan, selain jam makan kita berubah, jam tidur kita pun ikutan berubah. Kalau tadinya kamu bangun paling pagi jam 7 atau jam 8, pada saat puasa Ramadhan kamu harus bangun jam 3 dini hari (eit, ngga boleh ngeluh!). Kalau kamu ngga terbiasa, kamu pasti bakalan ngerasain ngantuk yang sangat luar biasa pada saat sahur. Dan setelah selesai makan sahur pasti kamu bakal buru-buru balik ngelanjutin mimpi kamu yang indah itu. Yakaaan? Tapi, kalo kamu ngelakuin sistem yang kaya gitu terus-terusan, kamu bakalan nemu efek negatifnya. Emang efek negatifnya apa aja?

tidur setelah sahur
Udah ngga bobok berapa lama, Bapak? |Source :http://www.dream.co.id/

Dampak Negatif Jika Tidur Setelah Sahur

Perut Buncit dan Berat Badan Naik

Naruto buncit
Makanya, kasur jangan dimakan!

Setelah makan sahur pastinya kenyang dong? Nah, setelah kamu kenyang tubuh kamu memerlukan waktu untuk mencerna makanan tersebut. Tapi kalo dibawa bobok, maka ngga diragukan lagi lemak bakal tertimbun di dalam perut karena proses pencernaan yang kurang baik. Ending-nya perut kamu pun akan jadi buncit dan berat badan kamu bakalan nambah.

Asam Lambung Naik

Tidur ngga enak
Aduh, bobok jadi ngga nyaman gini!

Dampak yang kedua, selain berat badan kamu naik, asam lambung pun bisa ikutan naik juga. Makanan yang baru aja masuk ke perut kamu itu bisa balik, yang tadinya udah di lambung bisa menuju ke kerongkongan lagi. Ini biasanya disebut dengan refluks. Refluks itu adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Jadi lapisan lambung kan seharusnya melindungi lambung kamu dari asam lambung. Nah karena kerongkongan kekurangan lapisan pelindung semacam ini maka asam lambung yang mengalir akan kembali lagi ke dalam kerongkongan. Kalau hal seperti ini terjadi, kerongkongan kamu akan terasa panas, mulut kamu pun akan terasa pahit. Ngga nyaman banget kan kalau kamu ngalamin kayak gini?

Beresiko Terkena Stroke

Fear of stroke
Uuuu, atuuutt!

Widiihh serem amat yaa gara-gara langsung tidur setelah sahur bisa kena stroke! Ini memang salah satu resiko yang menyeramkan jika kamu langsung tidur setelah makan sahur. Ada penelitian yang bilang bahwa seseorang yang memberi jeda antara makan dan tidurnya lebih lama, maka resiko terkena gangguan stroke akan lebih rendah, jadi kalau kamu langsung tidur setelah selesai makan maka resiko kamu terkena stroke akan meningkat,
Brooo!

Pastinya kamu yang lagi puasa ngga mau dong galamin beberapa hal di atas? Kalau kamu ngga mau ngalamin hal kayak gitu, cobalah untuk  nggak usah puasa memberikan jeda waktu yang cukup buat tubuh kamu untuk mencerna makan yang telah kamu makan pada saat kamu sahur, atau lakukan aktivitas dulu sebelum kamu melanjutkan bobok lagi.

Comments

comments

Previous articleCurhat Sama Pro Denpasar+
Next articleAda Apa Dengan Vlog?
Mahasiswi FISIP jurusan Ilmu Komunikasi di salah satu perguruan tinggi swasta, memiliki problematika kehidupan yaitu susah Gendut. Doyannya makan ceker, makan makanan yang pedes tapi ga doyan makan temen.. Udah gitu ajaa,,
SHARE

LEAVE A REPLY