Jakarta ke Bali Lewat Jalur Darat. Siapa Takut?!

97
views

Sebenarnya ke Bali dari Jakarta paling simpel sih naik pesawat. Penerbangan banyak, harga tiket ngga terlalu mahal, nyampenya cepet pula. Tapi kalo keseringan kaya gitu lama-lama bosen juga. Kaya Mz dulu kuliah di Jakarta, setaun 3-4 kali pulang ke Bali, pernah ngerasain bosen dengan rute kaya gitu. Dan biar ngga penasaran, pernah sekali ke Bali lewat darat. Kira-kira habis duit berapa?

Naik Kereta dari Jakarta ke Banyuwangi

Kalo naik yang ini, ngga bisa direct dari Jakarta ke Banyuwangi. Kamu musti naik 2 kali. Rute terbaik menurut Mz sih Jakarta-Surabaya dulu, terus lanjut Surabaya-Banyuwangi. Cara pesennya gampang, kamu cek di Traveloka aja. Kamu bisa langsung book tiket dan jadwal kai resmi juga bisa kamu dapatkan disini. Ngga perlu lama-lama ngantri di loket, ngga perlu nanya rute ke sana ke sini. Semudah membalikkan telapak tangan. Dan juga semudah Thanos menjetikkan jari lalu setengah makhluk hidup di alam semesta musnah.

Kereta Jakarta ke Bali
Siapa hendak turuuut? | Source: thecocopost.id

Tiket kereta dari Jakarta ke Surabaya, kamu bisa dapet di harga Rp 104k. Cuma saran Mz jangan mesen tiket yang waktunya mepet. Takutnya tiket keduluan abis. Ntar kamu nangis.

Terus buat tiket dari Surabaya ke Banyuwangi paling murah di harga Rp 56k. Boleh kurang? Ngga, harga pas. Kalo dijumlah dari Jakarta ke Banyuwangi habis pas Rp 160k.

Eh iya, nanti di Stasiun Surabaya Gubeng, kamu ada nunggu sekitar 3 jam untuk keberangkatan kereta dari Surabaya menuju Banyuwangi. Di sini kamu bisa isi waktu buat sekedar ngopi, bahkan isi perut dulu.

Totalnya ngabisin waktu berapa lama?

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya kira-kira makan waktu 15,5 jam. Terus transit kira-kira 3 jam dan perjalanan Surabaya kira-kira ngabisin waktu 7,5 jam. Jadi total ngabisin waktu selama 26 jam.

Setelah itu ke tinggal ke Pelabuhan Ketapang. 15 menitan-lah.

Naik Feri

Karena pada dasarnya kamu ngga bisa jalan di atas air, jadi kamu musti naik Feri. Tapi yang patut dicatat adalah, ini bukan Feri tetangganya Pak Anu. Kalo Feri yang itu ngga bakal bisa bantu kamu buat nyebrangin Selat Bali. Ini adalah sebuah kapal. Kapal Feri.

jakarta ke bali: pelabuhan ketapang
Yang tertib yo Mas yo! | Source: Pajajaran Inc.

Sayangnya buat naik kapal ini ngga gratis, harus bayar. Tapi jangan khawatir ataupun gelisah, karena nyebrang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk dikenakan biaya cuma Rp 6.500 per orang.

Penyebrangkan kira-kira ngabisin waktu sekitar 45 menit. Itu kalo lancar ya, berdoa aja semoga ngga ada Si Komo lewat.

Kalo udah nyampe Pelabuhan Gilimanuk, berikutnya gimana?

Naik Angkutan ke Terminal Mengwi

Kalo mau lebih murah, sebenarnya mendingan jalan kaki dari Gilimanuk ke Terminal Mengwi. Tapi Mz ngga nyaranin karena naik angkutan aja bisa nyampenya 3-4 jam, kebayang kan kalo jalan kaki berapa lama? Belum lagi pake acara kaki kram. Duh, mending engga deh!

Ya, nanti setelah nyampe di Gilimanuk, langsung aja cari angkutan dengan rute menuju Terminal Mengwi. Buat naik angkutan ini paling habis Rp 40-50 ribuan. Itupun harga udah termasuk pajak.

Tenang, semua dapet kursi! | Source: indonesia.travel

Untuk menghemat waktu, Mz saranin kamu buat bobok aja di angkutan. Biar tinggal merem, terus buka mata, langsung nyampe di Terminal Mengwi. Terus kalo udah nyampe di Terminal Mengwi, jangan lupa tarik nafas dalam-dalam dulu, karena perjalanan ini belum usai.

Naik Angkutan ke Denpasar (Terminal Ubung)

Tenang, dikit lagi kok! Sekarang kamu tinggal cari angkutan menuju Terminal Ubung.

terminal ubung
Welcome to Denpasar, dan selamat bersenang-senang! | Source: Youtube

Perjalanan dari Terminal Mengwi ke Ubung ngga lama. Bentar doang! Paling lama sejam udah nyampe. Cuma Mz lupa berapa bayarnya waktu itu.

Nah, nanti udah nyampe Terminal Ubung, mulailah menjelajah Bali. Kalo kamu berencana 2 malem di Bali, mungkin kamu bisa ngikutin tips ini. Dijamin bikin liburan kamu dan isi dompetmu tetap happy.

Comments

comments