Jaje Laklak: Soerabi “Imut” Khas Dewata

0
769
views

Waduh, bukan Laklak yang ini yang Mz maksud! Mz ngga bakalan ngebahas laklak puun. Ganti, ganti, ganti!

Laklak merupakan makanan tradisional Bali, jajanan Laklak hampir mirip dengan kue serabi yang ada di Pulau Jawa.

Jaje adalah bahasa Bali yang berarti kue atau jajanan. Laklak bisa anda kamu dapatkan di setiap kabupaten yang ada di Bali. Biasanya jajanan laklak dijual di pasar tradisional dengan beberapa tambahan jajanan khas Bali lainnya seperti, jajanan lempog (dibuat dari ketela kukus yang ditumbuk dan ditambahkan garam), batun salak (dari tepung ketan ditambah gula aren), injin (dari beras injin hitam yang dikukus), giling-giling (dibuat dari tepung kanji kemudian di bentuk kecil-kecil dan direbus).

Nah! kali ini Mz bakal bahas tuntas mengenai jaje yang satu ini! Asedaaapp! :9

Selintas kue ini memang mirip serabi atau surabi, yang dikenal dengan sebutan ‘serabi imut’ oleh orang Bandung. Kue tradisional dari Pulau Dewata ini dikenal dengan nama ‘Jaja Laklak’ atau kue laklak. Secara tradisional kue ini banyak dijual di kampung-kampung lewat penjaja kue keliling.

Ini baru Jaje Laklak yang Mz maksud.

Dibuat dari adonan tepung beras, baking powder, santan dan garam. Jadi ngga beda jauh dengan adonan serabi tepung beras. Dicetak dengan cetakan serabi tanah liat yang mungil dengan diameter 3 cm. Setelah mateng, kue akan berlubang-lubang kecil permukaannya. Kue dicukil dari cetakan dan disajikan dengan kucuran sirop gula merah.

Kue laklak ini tidak hanya putih tetapi ada juga yang diberi air daun pandan suji sehingga warnanya kehijauan dan aromanya sangat wangi. Sebagai varian, kue ini juga kadang diberi pewarna merah muda atau tambahan cokelat. Aduh, ngiler…

Laklak Ijo
Kalo ini yang warna ijo. | Source: Instagram hery_setyo_no

Kue laklak kadang juga diberi taburan kelapa parut sebelum dikucuri sirop gula merah. Paling enak dimakan saat masih panas sehingga terasa empuk, sedikit aroma gosong dan harum semerbak sirop gula merah.

Di Jakarta, jajanan khas Bali ini bisa dibeli di restoran khas makanan Bali atau banyak dijual di pura-pura saat ada perayaan atau hari raya Bali. Harganya juga relatif murah karena bentuknya mungil. Paling sedikit per orang bisa melahap 5 buah serabi imut ini sekali makan, mau nyicip?

Comments

comments