Jajanan Bali yang Selalu Ada Pas Upacara Keagamaan. Yang Mana Favorit Kamu?

70
views
jajanan bali

Ngomongin sakralnya upacara di Bali, pastinya nggak akan pernah lepas dari Jajanan Bali. Ternyata Jajanan Bali ini memiliki peran yang amat penting dalam setiap momen upacara sakral di Bali. Selain enak, ternyata jajanan bali punya banyak fungsi juga nih dan pastinya ini ada hubungannya dengan nuansa mistis.

Berikut beberapa jajanan khas Bali yang selalu ada saat upacara keagamaan di Bali. Kali aja setelah baca artikel ini kamu jadi pengen berbisnis jajanan khas Bali nih.

Jajan Dodol khas Bali

jajanan bali
Dodol Bali yang multifungsi

Dodol merupakan salah satu jajanan khas Bali yang terbuat dari adonan tepung ketan hitam dan tepung beras dicampur dengan gula aren dan santan. Setelah jadi, adonan tersebut baru dibungkus dengan kulit jagung. Biasanya jajanan ini sering kamu temui dalam upacara-upacara besar di Bali, seperti piodalan-piodalan besar di Pura. Selain itu, Dodol juga sebagai salah satu oleh-oleh khas Bali yang wajib banget kamu beli lho.

Baca juga:  Mungkin Kamu Pernah Merasakan Jaman Ini di Bali

Jajan Uli dan Begina yang tidak bisa dipisahkan

jajanan bali
Sampe ada lagunya tentang Jaje Uli dan Jaje Begina

Kedua jenis jajan ini memang selalu ada dan tetap ada sampai sekarang dalam setiap momen-momen upacara adat di Bali. Warna jajan ini pun ada 3, yaitu merah, coklat, dan putih. Nah, ketiga warna tersebut merupakan perlambangan dari Tri Murti, yang meliputi Brahwa, Wisnu, dan Siwa.

Jajan Reta yang bisa dibentuk

jajanan bali
Sudah pasti kamu kenal dengan Jajan Reta, cuman namanya ga tahu

Jajanan ini dibuat dengan cara digiling-giling dan warnanya pun beraneka ragam sesuai dengan  kreativitas seni pembuatnya. Biasanya sih jajanan ini dibentuk berupa hewan, tumbuhan atau bisa juga manusia sesuai dengan kebutuhan upacara. Kalau dibikinin buat ulang tahun pacar gimana ya? Boleh juga nih, biar sekali-sekali beda.

Jajan Bantal wajib ada pas pernikahan

jajanan bali
Kalau ini sih emang wajib | Sumber gambar: kooliner

Pernikahan orang Bali memang serba sakral dan banyak berbau mistis. Pas saat proses pernikahan, salah satu jenis jajan khas Bali yang wajib ada, yaitu Jajan Bantal. Kok wajib sih? emang dari dulu sih jajanan ini memang selalu ada saat upacara pernikahan di Bali. Kalau sampai tidak ada, kurang komplit rasanya.

Baca juga:  Jenis-Jenis Cetik Bali yang Melegenda dan Berbahaya Buat Kamu

Namanya juga di Bali, jadi segala sesuatunya pasti berhubungan dengan sesuatu yang mistis, termasuk jajanan khas Bali. Tetapi dengan hal ini, jajanan Bali tentunya akan selalu ada dihati masyarakat Bali dan tidak akan pernah lekang oleh jaman.

Comments

comments