Inget! Sembahyang Pas Kuningan Cuma Sampai Jam 12 Siang

9
views
sembahyang pas kuningan

Udah tahu belum? Pasti belum tahu info panas nih soal Hari Raya Kuningan. Pastinya bermanfaat banget buat kamu yang selama ini belum paham soal Hari Raya Kuningan. Ternyata Hari Raya Kuningan ada sesuatu yang menarik, di mana jadwal sembahyangnya sampai jam 12 siang aja.

sembahyang pas kuningan
Inget sampe jam 12 siang aja | Sumber: kura2 guide

Wow kok gitu? Info dari Input Bali mengenai waktu persembahyangan pada Hari Raya Kuningan, Bhagawan Dwija menjelaskan pada Hari Raya Kuningan, Ida Sanghyang Widhi Wasa memberkahi dunia dan umat manusia sejak jam 00 sampai jam 12. Jadi di saat itu sangat tepat kita datang menyerahkan diri kepada-Nya mohon perlindungan. Kok pas Kuningan aja kayak gitu? Soalnya energi alam semesta (Panca Mahabhuta: pertiwi, apah, bayu, teja, akasa) bangkit dari pagi hingga mencapai klimaksnya di bajeg surya (tengah hari). Setelah lewat bajeg surya disebut masa pralina (pengembalian ke asalnya) atau juga dapat dikatakan pada masa itu energi alam semesta akan menurun dan pada saat Sang Hyang Surya mesineb (malam hari) adalah saatnya beristirahat (tamasika kala).

sembahyang pas kuningan
Selamat Hari Raya Kuningan, inget sisain nasi kuningnya 😀 | Sumber: 2.bp

Nah kurang lebih seperti itu sih mengapa jam sembahyang pas Kuningan cuman sampai jam 12 siang aja. Tapi kalo ga sempet gimana? Kamu bisa nyobain sembahyang jam 00-00, dijamin pasti bakalan sempet sembahyang pas Kuningan. Tapi lebih soal sembahyang, perayaan Hari Raya Kuningan juga dibuat nasi kuning sebagai lambang kemakmuran dan dihaturkan sesajen-sesajen sebagai tanda terimakasih dan suksmaning idep kita sebagai manusia  menerima anugerah dari Sang Hyang Widhi.

Comments

comments