Ingat! Pas Potong Gigi Paling Gampang Diserang Ilmu Hitam

154
views
potong gigi

Potong gigi atau bisa juga disebut dengan mepandes atau juga metatah merupakan sebuah upacara dalam agama Hindu di Bali yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran diri dalam wujud kala, bhuta, pisaca dan raksasa, dalam arti jiwa dan raga diliputi oleh watak Sad Ripu sehingga dapat menemukan hakekat manusia yang sejati. Nah, berdasarkan Inputbali.com Sad Ripu itu meliputi:

  1. Kama, sifat penuh nafsu indriya.
  2. Lobha, sifat loba dan serakah.
  3. Krodha, sifat kejam dan pemarah.
  4. Mada, sifat mabuk dan kegila-gilaan
  5. Moha, sifat bingung dan angkuh.
  6. Matsarya, sifat dengki dan irihati.

Ga cuman itu aja, ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seseorang agar bisa layak untuk mengikuti proses Upacara Potong Gigi, yakni sudah mengalami masa pubertas, di mana laki-laki suaranya sudah berubah dan wanita sudah mengalami menstruasi.

Upacara ini katanya sih dapat menyelesaikan kewajiban orang tua kepada anaknya untuk menjadi manusia yang sejati, serta bisa menghindari hukuman di dalam neraka nanti yang dijatuhkan oleh Bhatara Yamadipati berupa mengigit pangkal bambu petung. Hal ini tertera dalam Lontar Atmaprasangsa.

Pas Potong Gigi atau Metatah hati-hati Serangan Ilmu Hitam.

potong gigi
Siapkan diri dan mental kamu | Sumber: Google image

Kata orang rua jaman dulu “Sing ade ne nawang gumi lemah bin mani” artinya ga ada yang bakalan tahu gimana kejadian hari esok. Makanya saat persiapan Upacara Potong Gigi ini, kamu dan keluarga harus benar-benar siap secara sekala dan niskala, terutama yang niskala harus bener-bener dipersiapkan biar lancar acaramu.

Konon pas Potong Gigi atau Metatah, kamu bakalan mudah dijahilin atau disakiti sama orang-orang yang punya ilmu hitam. Saat kamu berbaring, disanalah waktunya serangan tiba dan biasanya sering tedengar kasus, seperti anak yang metatah mengalami muntah-muntah, pingsan (nyelek ati), atau sakit berkepanjangan ketika habis metatah. Makanya agak menegangkan banget waktu upacara ini berlangsung, apalagi orang yang tinggal di daerah yang kental dengan nuansa mistik atau kental dengan konflik keluarga.

Tips meminimalisir serangan Ilmu Hitam saat kamu Potong Gigi atau Metatah

potong gigi
Percaya kalo kamu ada dalam Lindungannya | Sumber: balibudgethousing.com

Tetep ada caranya untuk melindungi diri kamu dari serangan ilmu hitam saat Upacara Potong Gigi. Yup, biasanya sebelum upacara dimulai, kamu pasti dikasih sebuah jimat dari orang tua atau kakek kamu, biar selamat. Percaya ga percaya yang jelas langkah ini sampai sekarang masih dilakukan untuk menangkal ilmu hitam.

Orang yang memotong gigi kamu atau yang biasa disebut dengan Sangging juga bawa jimat keselamatannya dan biasanya seorang Sangging ilmunya juga hebat lho, jadi percayain aja semua sama si Sangging. Selanjutnya kamu jangan ragu untuk memohon doa keselamatan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena anugerah-Nya lah yang paling mulia dan bikin yang ga mungkin jadi mungkin.

Comments

comments