Heboh! Segitu Besarnya Dampak Erupsi Gunung Agung

270
views
erupsi gunung

Erupsi Gunung Agung ga hanya bikin masyarakat Bali jadi resah, tapi lebih dari itu lho…

Bencana letusan Gunung Agung ini sampai sekarang belum mencapai klimaksnya. Informasi sebelumnya menyebutkan, kalo katanya sih, letusan Gunung Agung bisa seperti pas tahun 1963 silam. Mengerikan banget dah kalo kejadiannya kayak gitu, tapi yang perlu kamu ketahui sisi kerugian dari peristiwa ini juga berimbas pada sektor Pariwisata Bali.

Ini memang sebuah realita pahit yang harus diterima Bali, karena sektor pariwisata menurun derastis. Masa krisis ini sangat merugikan Bali. Kamu tahu kan kalo Bali menggantungkan nasib perekonomian lebih besar di sektor pariwisata.

erupsi gunung
Kasian banget mereka | Sumber: vice.com

Ungkapan dari dw.com, sebelumnya Presiden Joko Widodo mencetuskan ide pembangunan 10 destinasi wisata di luar Bali Agustus silam. Meskipun begitu belum banyak wisatawan domestik yang mengetahui soal rencana tersebut dan belum sebaik infrastrukturnya kayak di Bali.

Baca juga:  Takut Dibunuh, Pria ini Malah Melakukan Sesuatu yang Tidak Diduga

Nah, rencana itu ternyata sebuah langkah untuk mengantisipasi peristiwa sekarang ini. Gagasan tersebut menjadi sebuah penyelamat bagi pariwisata Indonesia. Saat ini Bali menopang 40% devisa negara dari sektor pariwisata. Setiap tahun pulau kecil di tepi Samudera Hindia itu mengirimkan 70 triliun Rupiah ke kas pemerintah. Dan erupsi Gunung Agung menjadi pengingat betapa besar kebergantungan pariwisata Indonesia terhadap Pulau Dewata.

Kerugiannya mencapai 234 miliar per-hari

erupsi gunung
Semoga cepet kelar | Sumber: static.viva.id

Ga bisa dipungkiri, kalo saat ini Bali menderita kerugian yang ga sedikit dari peristiwa tersebut, yakni sebesar 234 miliar perharinya. Kalo ini terus terjadi, udah bisa dipastikan Indonesia bakalan rugi sebesar 9 triliun di bulan Desember ini.

Padahal ini bulan yang bakalan bikin Bali makin rame. Bulan Desember adalah bulan liburan untuk wisatawan mancanegara yang ingin merayakan Natal dan tahun baru di pulau dewata dengan berbagai acara yang pastinya penuh dengan kemeriaran semarak tahun baru.

Baca juga:  Bikin Pengungsi jadi Semangat dengan 4 Cara ini

Semoga ini jadi sebuah pelajaran untuk Bali untuk tidak hanya bergantung pada sektor pariwisata saja, tetapi dari sekarang generasi muda seluruh Bali harus memikirkan untuk bagaimana caranya bisa mencari sebuah peluang baru di Bali dan salah satunya ekonomi kreatif yang bisa kamu coba untuk membantu perekonimian di Bali.

Comments

comments