Hari Deepawali: Umat Hindu Di Bali Ngapain ya?

7011
views
hari deepawali

 

Umat Hindu udah tau belum, kalau bakalan ada Hari Deepawali? Itu lo hari perayaan kemenangan Dharma melawan Adharma.
Lho bukannya Galungan? Ini Mz bakalan jelasin Hari Deepawali itu kayak gimana.

Deepawali dalam pemaknaannya berarti “Festival Cahaya”. Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. Perayaan ini terfokus pada lampu dan cahaya. Perayaan Deepawali ini, biasanya terjadi bulan Oktober atau Novermber dan perayaan ini paling ditunggu-tunggu sama umat Hindu di India.

Oh, pantesan umat Hindu di Bali ga ngeh sama perayaan Hari Deepawali ini. Nah, kabarnya sekarang umat Hindu di Indonesia mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar Hari Deepawali diakui sebagai hari raya yang resmi dan masuk ke dalam kalender libur nasional Indonesia. Biar sama-sama adil antar umat beragama di Indonesia dalam konteks perayaan hari besar.

Nah yang menjadi pertanyaan umat Hindu di Bali ngapain men pas Hari Deepawali? Mz juga kurang mengerti, tetapi kalau di India perayaan Deepawali ini udah pasti bikin semacam festival cahaya dengan menggunakan lilin hingga kembang api sebagai wujud rasa bahagia atas kemenangan Dharma melawan Adharma.

Hampir sama dengan perayaan Galungan tetapi konteks pemahamannya agak beda, di mana Hari Deepawali itu menceritakan kemenangan Rama yang berhasil mengalahkan Rahwana. Sedangkan Galungan sendiri menceritakan kemenangan Dewa Indra atas Raja Mayadenawa.

hari deepawali
India pas Deepawali, makan manisan dan berbagai makanan khas India lainnya. Kalau di Bali udah pasti menyambut Galungan dengan Ngelawar rame-rame | Sumber: 3.bp.blogspot.com

Meskipun beda cerita, tetapi konsepnya sama aja kok. Jadi sebagai sesama umat Hindu, hendaknya saling menghormati perayaan hari suci masing-masing. Salah satunya perayaan Hari Deepawali ini. Cukup dengan melakukan persembahyangan dengan memohon lindungan Ida Sang Hyang Widhi, serta tidak lupa mengucapkan syukur atas segala anugerah di Hari Deepawali.

Comments

comments