Hal-hal yang Mungkin Hilang Dengan Tiadanya Men Weti

0
788
views
Men Weti
RIP Men Weti

Bicara kuliner Bali, mungkin Men Weti salah satu yang ada di pikiranmu. Gimana ngga, Nasi Men Weti, sebuah warung nasi sederhana yang berlokasi di Pantai Segara Ayu, Sanur, ini, ngga cuma diminati oleh warga lokal aja, bahkan sampai temen-temen Mz yang ada di luar Bali pun, kalo ke Bali salah satu rikuesannya minta diajakin sarapan di Nasi Men Weti.

Dan pada hari Selasa, 4 April 2017 ini, Mz dikagetkan oleh berita meninggalnya orang yang Mz sebutin di atas. Ya, dia adalah Men Weti. Ada sedikit kedukaan yang terbesit di pikiran Mz. Ada hal yang mungkin Mz rindukan nanti dengan ngga adanya Men Weti lagi.

Rasa Nasi Bali-nya? Sejujurnya ngga. Kalo menurut Mz, justru rasa nasinya ngga begitu ngangenin. Enak sih, cuma ngga enak banget, ngga sampe addicted. Terus apa donk?

Antrian Ngga Teratur

Antrian Men Weti
Antraian di Men Weti memberlakukan hukum alam. Yang berhasil menarik perhatian, dia yang menang. | Source: cdn.water-sport-bali.com

Sistem antrian yang diberlakukan Men Weti emang amburadul. Ngga selamanya yang duluan pesen yang duluan dapet. Orang lokal Sanur biasanya adalah prioritas. Selain itu, orang yang akrab dengan Men Weti juga biasanya didahulukan. Selanjutnya, adalah orang yang berhasil caper dengan Men Weti bisa mendapatkan antrian duluan. Caranya? Dengan berulang kali meraung-raung minta nasi. Cuma, cara ini beresiko tinggi. Kalo apes, biasanya Men Weti akan menjawab, “Aduh, nyenye ajan meblanja!”

Kesel? Ngga. Justru ini yang ditunggu, hal yang bikin cengar-cengir diketawain temen.

Harga yang Flexible

Nasi Bali Men Weti
Berapa harga seporsi nasi ini, hayoo? | Source: goodindonesianfood.com

Kalo cukup sering ke Men Weti, kamu bakal merhatiin bahwa harga seporsi Nasi Men Weti harganya ngga fixed. Ya, Men Weti memberlakukan harga flexibel untuk seporsi nasinya. Biasanya untuk pelanggan yang dikenal bakal dikasi harga “temen”. Apalagi kalo orang yang di-respect-in, wih, bisa banting harga.

Makanya, Mz biasanya ke sini ngajakin temen yang di-respect-in. Musti tricky emang, tapi itu yang ngangenin.

Semua Makan Gratis

Suasana Men Weti
“Berapa orang di foto ini? Mz bayarin semua” | Source: blog.kura2guide.com

Salah satu Mz cukup sering ke Nasi Men Weti, sesekali ada doorprize. Gimana caranya?

Sebagai orang yang disukai Bapak Wagub, Pak Sudikerta, suka berbagi rejeki di dagang Nasi Men Weti. Kalo kamu beruntung, jadwal kunjunganmu ke Nasi Men Weti bersamaan dengan jadwal Pak Wagub ke sana, itulah berkah buat kamu. Pak Wagub biasanya mentraktir semua pengunjung di Men Weti. Dibayar tunai.


Mungkin hal-hal itu yang bakal Mz rinduin di Nasi Men Weti. Ambience-nya. Tapi ngga tau juga sih, bisa aja hal-hal di atas ngga bakal hilang, kalo sang penerus bisa ngebangun suasana yang sama kaya yang Men Weti lakuin. Mari kita semua berharap kepada Mbok Ngah, yang mungkin akan meneruskan posisi Men Weti. Doakan selalu yang terbaik.

 

Comments

comments