Gelang Tri Datu: Gelang Anugerah Tuhan yang Paling Hebat

538
views
gelang tri datu

“Orang Bali ya?”
“Lho Kok Tau?”…. “Itu gelangnya sama kayak orang Bali yang sering kesini”

Yup, Gelang Tri Datu namanya, di mana sebuah gelang yang menjadi tanda pengenal orang Bali di manapun dan kapanpun. Soalnya cuma di Bali aja kamu bisa menemukan tradisi menggunakan gelang ini. Biasanya sih saat ada upacara besar atau saat kamu memberikan dana punia di salah satu pura di Bali, pastinya sebagai timbal baliknya kamu akan dikasih gelang ini.

Tri Datu warnanya merah, putih, dan hitam yang mewakili simbol kekuatan dewa-dewa HIndu atau sering disebut dengan Tri Murti, seperti Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Jadi, ini bukan gelang sembarangan, melainkan sebuah gelang spiritual yang menjadi tuntunan umat Hindu di Bali.

Baca juga:  Desa Sangsit Punya Cara Berterima Kasih yang Unik Kepada Dewi Sri

Dilansir dari Bali Express, Tri Datu ini merupakan simbol dari kekuatan Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa, di mana Brahma sebagai pencipta disimbolkan dengan warna merah, Wisnu sebagai pemelihara warna hitam, dan Siwa sebagai pelebur dengan warna putih.

Si Gelang penuntun manusia jadi lebih baik

gelang tri datu
Biar kamu tidak ngendah aja | Sumber gambar: nusabali

Kalau umat Hindu kebanyakan, mungkin tidak akan pernah menyadari ya, fungsi gelang ini. Gelang Tri Datu juga berfungsi sebagai alat penyadar manusia untuk selalu tetap berada dijalan yang benar. Dalam upacara pitra yadnya atau upacara Ngaben, fungsi gelang ini sebagai penuntun orang yang sudah meninggal.

Tahu gak sih, ternyata gelang ini pertama kali dipopulerkan di Pura Dalem Ped lho. Saat kesini, semua pemedek atau orang yang datang untuk sembahyang, bakalan dikasih gelang ini. Hingga tren ini juga diterapkan di berbagai Pura seluruh Bali.

Baca juga:  Kekalahan Pahit atas Global Cebu Kita Jadikan Pelajaran Aja Deh

Kalau beda agama yang menggunakan gelang ini bagaimana? Tidak masalah sih, selama memakainya sesuai dengan tempatnya aja. Kalau kamu berbeda pahamnya, tetapi percaya dengan kekuatan benang ini, monggo silahkan pakai, yang penting saat memakainya hati kamu tetap merasa tenang dan damai.

Comments

comments