Ada Dewi Durga di Dalam Sate Renteng Bali

114
views
dewi durga

Sate adalah salah satu menu kuliner di Bali dan pastinya sate khas Bali condongnya pakai daging babi kayak Sate Pak Ngurah salah satunya. Tapi kali ini Mz ga mau bahas soal sate yang buat untuk dimakan, melainkan salah satu jenis sate yang digunakan buat upacara agama di Bali, namanya Sate Renteng.

Berdasarkan Kalender Bali Sate Renteng, jika dilihat dari beberapa lontar agama Hindu memang belum ada yang membahas secara jelas. Sehingga Sate Renteng dalam upacara Hindu disebut dengan uperengga atau pelengkap upakara yadnya, namun wajib ada dalam setiap upacara yang menggunakan Banten Bebangkit. Sate Renteng sangat erat kaitannya dengan Banten Bebangkit yang menggunakan Babi Guling sebagai ulamnya.

Sate Renteng dilihat dari sisi Filosofinya dan kaitannya dengan Dewi Durga

dewi durga
Ini cuman ilustrasinya doang

Kalo dilihat dari ceritanya sih, Sate Renteng ini berawal dari permohonan Dewa Wisnu kepada Dewi Durga untuk membunuh Mahesasura, karena diyakini hanya Dewi Durga yang mampu menaklukkannya. Permohonan itu disanggupi oleh Dewi Durga, namun semua senjata para dewa agar berkenan diserahkan untuk mengalahkan Mahesasura.

Percaya atau enggak, namanya cerita jaman dulu. Mungkin tiap musuh ada tandingannya dan cuman Dewi Durga aja yang bisa mengalahkannya. Emang agak membingungkan sih, masa Dewa yang begitu sakti ga bisa ngalahin Mahesasura? Tapi itulah uniknya Bali dengan segudang cerita menarik tentang kesaktian Dewa-Dewanya yang pastinya bikin kepo buat dijadikan pembelajaran.

 

Comments

comments