Festival Budaya Asmat: Banyak Menariknya

0
46
views
festival budaya asmat

Papua masih banyak menyimpan keunikan di dalamnya. Ga hanya emas aja, tapi berbagai jenis keunikan budaya ada di tanah Papua. Indonesia memang kaya ya. Alam dan budayanya melimpah dan ga bakalan ada habisnya untuk dibahas.

Kali ini Mz mau datang ke acara di Papua bernama Festival Budaya Asmat. Mz juga pertama kalinya denger ada festival ini dan pastinya bakalan lebih tahu soal kekayaan Papua.

Festival Budaya Asmat ini merupakan sebuah acara yang berusaha memperkenalkan Kabupaten Asmat sebagai situs budaya (culture heritage) dan memperkenalkan Kabupaten Asmat sebagai tujuan wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Mz juga baru tahu, kalau Kabupaten Asmat merupakan hasil pemekaran Kabupaten Merauke yang terletak di selatan Papua dan berhadapan langsung dengan Laut Arafura. Pada 2003, Asmat mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai situs warisan dunia. Pantesan Festival Budaya Asmat hingga sekarang terus berjalan untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Asmat, Papua.

festival budaya asmat
Ini nari macam apa ya? Mz juga bingung, tapi disitulah uniknya tarian Suku Asmat | Sumber: www.asmatkab.go.id

Kalau dateng pas Festival Budaya Asmat, jangan lupa beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Nah, selain kuliner apa yang menarik? Ukiran Asmat dong. Soalnya ada yang menarik nih dari karya ukiran asli suku Asmat yang dibuat tanpa bikin sketsa terlebih dahulu. Wah asal-asalan berarti ya? Jangan salah paham, ukiran itu dibuat dengan menumpahkan seluruh ekspresi dan imajinasi dalam sebuah media kayu. Kemudian para seniman suku Asmat mulai membentuk kayu tersebut jadi sebuah ukiran yang memiliki nilai seni. Kalau istilah Balinya seniman Asmat itu sudah “Metaksu”, jadi ga usah diragukan kehebatan tangan mereka dalam membuat karya seni dari kayu hingga menjadi sebuah ukiran mantep yang bikin semua mata bengong terkagum-kagum.

festival budaya asmat
Lumayan nih dijadiin sovenir di rumah | Sumber: www.asmatkab.go.id

Pasti penasarnkan gimana serunya traveling ke Papua pas Festival Budaya Asmat? Kamu ga usah banyak nanyak, langsung siapin aja perlengkapan dan uang secukupnya, terus berangkat deh ke Papua. Dijamin, acaranya menarik dan banyak hal-hal baru yang belum kamu lihat di Papua dalam Festival Budaya Asmat.

 

 

Comments

comments