Fakta Unik Hari Raya Nyepi yang Jarang Kamu Perhatikan

2295
views
hari raya nyepi

Hari Raya Nyepi jatuh setiap Tilem Kesanga dan dirayakan setiap satu tahun sekali aja. Ngomongin soal perayaan Nyepi, Nyepi di tahun 2018 yang lalu, kamu yang orang Bali pasti udah tau kalau perayaannya spesial banget, karena barengan dengan Hari Raya Saraswati juga.

Seru juga sih merayakan Saraswati sebelum jam 6 pagi dan setelah itu langsung melaksanakan Catur Brata Penyepian, seperti ngga boleh bepergian, ngga boleh menyalakan api, ngga boleh bersenang-senang, dan ngga boleh bekerja. Tapi ada yang baru nih larangan saat Nyepi, yaitu ngga boleh internetan juga. Hmmm…

Namanya juga Nyepi, jadi nikmati aja prosesnya dan anggap Nyepi ini sebagai cara buat kamu untuk menenangkan diri dari segala rutinitas padat yang selama ini kamu lakukan, seperti bekerja, menyelesaikan deadline, hingga kegiatan yang bikin kamu stress. Asyiap!

Perayaan Hari Raya Nyepi ternyata memiliki manfaat bagus untuk lingkungan kamu

Ada hal unik nih yang perlu kamu tau soal perayaan hari Raya Nyepi di Bali. Ternyata dibalik semua larangan dari Catur Brata Penyepian banyak banget yang bisa dirasakan manfaatnya untuk kamu dan terutama lingkungan sekitar. Berikut Mz bakalan jelasin apa manfaat yang selama ini jarang orang Bali ketahui soal Nyepi.

Nyepi ternyata bisa mengurangi jumlah kadar karbon dioksida sebanyak 20.000 ton setiap harinya.

hari raya nyepi
Bumi jadinya lebih sehat

Nyepi dapat menghemat penggunaan listrik sebanyak 60% atau kalau diuangin bisa hemat sebesar 4 Miliar Rupiah (290 Megawatt)

hari raya nyepi
Bayar listrik jauh lebih hemat | Sumber gambar: alimustikasari

PPB mengapresiasi Nyepi dan bikin World Silent Day yang jatuh tiap tanggal 21 Maret

hari raya nyepi
PBB sampai suka nih | Sumber gambar: komunitaskreatifbali

Bahan bakar solar jadi hemat sebanyak 500.000 liter dan Pembangkit Listrik Gas Uap atau PLTGU di Bali bisa diistirahatkan

hari raya nyepi
Yaa lumayanlah jadi Bali ga boros-boros | Sumber gambar: detik

Kamu bisa relaks dengan situasi yang tenang dan sunyi

hari raya nyepi
Tenangkan pikiran dulu lah

Sebelum Nyepi kamu harus melalui tahap ini

Sebelum Hari Raya Nyepi, kamu udah tau nih ada berbagai rangaian acara yang harus dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali. Ngga cuma di Bali sih, tetapi umat Hindu diseluruh dunia yang merayakan Nyepi.

Pertama melaksanakan Upacara Melasti yang bertujuan untuk membersihkan jiwa dalam diri manusia dan sekaligus alam lingkungan tempat manusia bernaung

hari raya nyepi
Ayo melasti dulu | Sumber gambar: damniloveindonesia

Setelah itu ada namanya Tawur Agung Kesanga, di mana kamu bisa dengan puas menikmati festival Ogoh-Ogoh di Bali. Tujuannya sebagai simbol untuk menyucikan Bhuta Kala di bumi

hari raya nyepi
Ini bagian terserunya | Suber gambar: bisniswisata

Keesokan harinya langsung Nyepi deh. Dan saat Nyepi kamu bisa lihat banyak banget bintang bertaburan di langit

hari raya nyepi
Cuman pas Nyepi aja nih | Sumber gambar: bali.intercontinental

Tertarik untuk mencobanya? Boleh-boleh aja sih dan ngga ada yang melarang kamu, entah kamu itu bukan Hindu atau berbeda keyakinan, tetap boleh ikut berpartisipasi untuk mengikuti perayaan Nyepi. Kalo udah siap silahkan ikuti, tapi kalo belum siap, jangan ganggu orang lain ya.

Comments

comments