Fakta Bom Bali yang Kamu Harus Tahu

0
44
views
bom bali

Tragedi Bom Bali udah terjadi sekitar 15 tahun yang lalu. Duka mendalam tentunya dialami masyarakat Bali dan para wisatawan yang kerabatnya juga menjadi korban pada saat itu. Fakta-fakta menarik yang berhasil Mz kumpulin tentang tragedi Bom Bali, diantaranya korban Bom Bali, ternyata paling banyak dari wisatawan asal Australia dan Indonesia sendiri. Tercatat sebanyak 88 wisatawan Australia dan 38 orang wisatawan domestik Indonesia.

Kemudian, mengenai tragedi Bom Bali 1, ternyata peristiwa ini tergolong sebagai serangan teroris terdasyat sepanjang sejarah Indonesia. Wow…brarti tragedi itu masih paling mengerikan dibandingkan kejadian yang saat ini terjadi di Indonesia. Fakta selanjutnya adalah rencana peledakan Bom Bali ini sebenarnya akan diledakan pada 11 September 2002 yang diusul oleh Iman Samudera, tapi karena terlalu mepet, terpaksa ditolak oleh pelaku lainnya, karena 11 September itu merupakan hari dimana tragedi teror WTC terjadi di AS.

bom bali
Pray for Legian, Kuta, Bali | Sumber: balebengong.id

Jenis Bom yang digunakan Amrozi dan Iman Samudera CS berjenis TNT seberat 1 kg dan di depan Sari Club, merupakan bom RDX berbobot antara 50-150 kg. Bom ini dibawa dari Solo ke Bali dengan menggunakan jalur darat dan laut. Asal kamu tahu aja ya, ledakan Bom yang mengguncang Legian, Kuta, Bali yang getarannya mencapai 12 kilometer. Ledakan itu sendiri meninggalkan sebuah lubang besar berdiameter 5×4 meter dan kedalaman 1,5 meter. Ngeri banget kekuatan Bomnya dan memang pantes si Amrozi pantas menerima hukuman mati.

Nah itu tadi beberapa fakta mengenai tragedi Bom Bali 1, semoga ga bakalan terulang lagi di Bali selema-lamanya. Semoga Bali selalu ajeg, aman, cinta damai.

Comments

comments