Waspada! Beberapa Peristiwa Menarik Soal Erupsi Gunung Agung

241
views
erupsi gunung agung

Sejak dari hari Kamis, 28 Juni 2018 lalu, Gunung Agung kembali membuat warga masyarakat Bali, khususnya Karangasem menjadi ketakutan. Beberapa masyarakat yang berada dekat dengan areal lereng Gunung Agung memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Suara gemuruh dan kepulan asap dari gunung benar-benar membuat warga untuk memilih mengungsi dan kemungkinan akan kembali ketika kondisi Gunung Agung  stabil lagi.

Meskipun sudah dalam level Siaga, kamu tetap tenang ya, soalnya Erupsi Gunung Agung Kali ini masih sulit diprediksi, kapan akan mencapai klimaksnya.

Nah, ada beberapa hal menarik yang wajib kamu tahu mengenai Erupsi Gunung Agung kali ini dan Mz udah merangkum beberapa kejadian saat bencana Gunung Agung yang bikin batal untuk liburan ke Karangasem sampai nanti akhirnya keadaan mulai normal kembali.

Gunung Agung sudah erupsi sebanyak 3 kali

erupsi gunung agung
Jangan panik pokoknya | Sumber gambar: detik

Hasil pengamatan terakhir dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG yang dilansir dari Tribun Bali, Gunung Agung udah erupsi sebanyak 3 kali, yaitu pukul 06.15 WITA, 06.41 WITA, dan 06.55 WITA pada Senin, 2 Juli 2018. Letusan pertama dengan ketinggian kolom mencapai 2.000 meter, kedua 1.000 meter, dan ketiga 700 meter dari puncak Gunung Agung. Tetap waspada aja, Semeton.

Baca juga:  Lupakan Kekalahan, Kini Saatnya Selamatkan Bersama Sungai Citarum

Bandara Ngurah Rai sempat tutup selama 11 jam

erupsi gunung agung
Yang penting selamat | Sumber gambar: suarasurabaya

Akibat erupsi Gunung Agung ini juga berdampak pada penerbangan di Bandara Ngurah Rai lho, di mana Bandara dengan terpaksa ditutup selama 11 jam pada tanggal 29 Juni 2018. Otomatis beberapa jadwal penerbangan harus di-pending dulu nih agar para penumpang tetap selamat dan pihak Bandara tidak mau mengambil resiko lebih saat itu. Nggak apa-apa telat yang penting selamat.

Pariwisata Gianyar tetap ramai meskipun Gunung Agung sedang erupsi

erupsi gunung agung
Tetap ramai | Sumber gambar: Gogonesia

Meskipun bencana ini sangat menakutkan bagi warga Karangasem, tetapi hal ini tidak berpengaruh kepada sektor pariwisata di Gianyar.

Baca juga:  Masih Ada Sebuah Harapan Setelah Kalah dari Yangon United

Pihak Pemerintahan Kabupaten Gianyar menjelaskan kalau erupsi Gunung Agung ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap pariwisata Gianyar. Ini dilihat pada jumlah turis yang berkunjung ke beberapa tempat wisata, seperti kawasan Ubud yang masih tetap ramai dikunjungi oleh para pelancong dari dalam maupun luar negeri.

Buat kamu yang tinggal di Bali, Mz himbau untuk tidak menimbulkan kepanikan yang berlebihan, karena hingga saat ini belum ada laporan update dari pihak PVMBG terkait situasi dari Gunung Agung.

Comments

comments