Dharmadi Pikolo: Kalo Jatuh, Tinggal Bangun Lagi

0
65
views
Dharmadi Pikolo

Kenalin salah satu inspiratornya Mz, yang selalu bikin semangat lagi berkarya. Namanya I Nyoman Surya Dharmadi Putra atau temen-temen sering manggilnya Dharmadi Pikolo. Kenapa Pikolo? Padahal warna kulitnya ngga ijo, tapi ya sudahlah mungkin mukanya agak mirip Picollo makanya dipanggil Pikolo. Saat itu Mz lagi lihat dia jadi pembicara gitu, lalu terjadilah obrolan yang kira-kira kaya begini…

Halo bosque apa kabar? Gimana kencing lancar?

Baik bosku, wahh kalo itu lancar karena sering minum…. (disensor; kira-kira minuman apakah yang dimaksud?)

Lagi sibuk apa sekarang, Dhar?

Yaa segitu-gitu aja sih, Mz. Ngembangin brand clothing-ku, Stories Indonesia, konveksi sama meuble, Mz.

Wah banyak ya usahanya. Pasti udah kaya kamu ya?

Hahahaha, kalo itu belum Mz! Tapi cukuplah buat saat ini beli nasi sebungkus, hahahaha!

Behh, isi ngerendah dia… Ohya, btw kuliah gimana?

Oh, aku mutusin untuk berhenti kuliah, Mz! Soalnya ingin ngejar mimpiku lebih cepat.

Wah kok berani ngambil langkah gitu? Ngga ada ketakutan pertamanya?

Di antara semuanya yang paling gak mau dibuang adalah waktu. Pas tau bahwa bangku kuliah ternyata tidak sejalan dengan passion, saya memutuskan untuk berhenti lebih awal, supaya gak buang-buang waktu lebih lama. Ketakutan pasti ada. Sebagian besar orang juga rata-rata takut sama masa depan, jadi kenapa gak sekalian ambil keputusan besar. Berdasarkan pengalaman, lebih cepat belajar di dunia nyata/kerja daripada menunggu apa yang didapat di bangku kuliah.

Keputusan yang luar biasa!

Gimana awal memulai usaha kamu? Pernah ngerasa di posisi bawah?

Pernah. Dulu saya lahir di keluarga mampu secara ekonomi. Tapi waktu masih SMP usaha orang tua terkena musibah, ketipu sampai 2 miliar. Itu titik awal saya mesti bangkit. Self development, pengembangan diri. Yang terpenting trus belajar entah itu di sekolah, kuliah, atau di dunia kerja langsung. Ke depannya pasti akan membaik. Untuk bertahan saya belajar berjualan. Apapun itu.

dharmadi
Gini lho, sebengnya Dharmadi Pikolo.

Nah ini salah satu contoh temennya Mz yang emang bener-bener berjuang dari bawah hingga sekarang udah punya usaha sendiri dan jadi mandiri. Hal yang paling Mz salut sama Dharmadi, tekadnya buat bangkit dari masalah yang pernah bikin hidupnya berubah. Hasilnya dia sekarang sukses bisa bahagiain orang tuanya. Sama bahagiain dirinya tentunya.

Sekarang apa keinginan terbesar yang pengen kamu capai?

Secara ekonomi meningkatkan omzet, dan buka store, dan buka cabang di beberapa kota, mensejahterakan team yang ada di bawah naungan Stories Indonesia, dan Stories Indonesia fondation, itu semacam team sosial di bidang kemanusiaan, hewan dan lingkungan.

Ada ga pesan buat generasi muda Bali?

Pesan-pesannya, untuk muda-mudi Bali, cari tahu passion-mu lebih awal. Lakukan lebih banyak hal sampai ketemu passion dan tujuan hidupnya. Hilangkan gengsi, karena hidup kebanyakan gengsi tak akan membuat hidup lebih bergengsi, hahaha!

Kalau kamu jatuh, bangun lagi perbaiki di bagian yg membuat kamu jatuh, kemudian mulai berjalan lagi sesusah apapun. Karena menyerah ngga ada dalam pilihan.

Lalu Mz pun terpana…

Itu tadi sedikit inspirasi dari sosok Dharmadi Pikolo. Kalo kalian pengen berguru biar sakti kayak dia, coba DM aja di Instagram-nya @dharmadi_pikolo. Dan tambahan info buat para cewek-cewek, doi udah punya pacar. Maaf, udah ga ada pintu depan buat kalian. Tapi kalo pintu belakang kayaknya bakalan dipertimbangkan. Jadi, intinya terus perjuangkan apapun yang ingin kamu capai.

 

Comments

comments