Dewa Oka: Berawal Dari Minjem-Minjem, Hingga Jadi Rebutan Sponsor

511
views
dewa oka

Setelah membaur sama anak PSB alias Persatuan Skateboarders Bali akhirnya bisa ketemu deh, sama salah satu pemain skate Bali yang udah banyak banget menjuarai kompetisi, mulai dari Nasional hingga Internasional bernama Dewa Ketut Oka Darma bisa dipanggil dengan Dewa Oka, atau Oka aja juga udah cukup.

Doi udah lama banget berkecimpung di dunia skate makanya Mz tertarik buat ngepoin senjata rahasianya agar bisa terus menang ditiap kompetisi skateboard. Ternyata orangnya ramah dan ga sombombong saat ngobrol tentang karirnya selama ini.

Perjalanan karir skater mantep Dewa Oka

dewa oka
Ini gatau gaya apa namanya

Katanya sih doi sangat menikmati perjalanan karirnya yang dimulai dari 0 alias ga punya skill apa-apa soal bermain skate. Hingga akhirnya mencoba meminjam papan skate sama temannya dan terus berlatih sampai juara. “Perjalanan yang pastinya sangat saya nikmati, dari awalnya saya minjem papan temen akhirnya dibeliin papan pertama oleh bapak saya. Akhirnya mulai ikut kompetisi-kompetisi dan bisa menjuarai beberapa kompetisi dan akhirnya mendapat sponsor sampai sekarang ini” jelas Oka

Juara yang udah didapetin banyak banget

dewa oka
Jos margonos

Saking semangatnya sama dunia skate berpuluh-puluh kompetisi doi ikuti dan terus mendapatkan juara. Berikut juara-juara yang berhasil doi capai sampai saat ini:

  • 1st Place Paradiso sport festival (2007)
  • 1st Place miriramp at Kuta Karnival (2008)
  • 2nd Place Break Sunday Sk8 Rock Beginner class (2009)
  • 1st Place skate jam puputan spot (2009)
  • 1st Place Skate Jam Ahmad Yani spot (2009)
  • 1st Place Denpasar Skate Competition Series #1 (2010)
  • 1st Place Denpasar Skate Competition Series #2 (2010)
  • 2nd Place Walikota Cup Street (2010)
  • 3rd Place Walikota Cup Ramp (2010)
  • 1st Place Piero Nation Bali (2010)
  • 1st Place Piero Nation Surabaya (2010)
  • 1st Place Break Sunday Sk8 Rock Medan (2010)
  • 2nd Place Break Sunday Sk8Rock Surabaya(2010)
  • 1st Place Break Sunday Sk8 Rock Bandung (2010)
  • National Champion Break Sunday Sk8 Rock Beginner (2010)
  • 2nd Place Rip curl Surf & Music Festival (2010)
  • 1st Place Beginner Volcom Wild In The Parks Eastern Regional (2010)
  • 1st Place Beginner Volcom Wild In The Parks Final (2010)
  • 3rd Place Ancol  Action Sport Festival  (2011)
  • Longest Jump at Ancol Action Sport Fest (2011)
  • 1st Place Rip Curl Surf & Music Festival (2011)
  • Best Trick at Walikota Cup (2011)
  • 3rd Place Arnette Bowl Bash (2011)
  • 2nd Place Rip Curl Surf & Music Festival (2012)
  • Best Trick at Walikota Cup (2012)
  • 4th  Place Converse City Carnage (2013)
  • 3rd  Place Volcom Wild In The Parks Bali (2013)
  • 2nd  Place Volcom Wild In The Parks Final Jakarta (2013)
  • 4th Place Asian Extreme Sports Championship Malaysia (2013)
  • 5th IOXC semarang (2014)
  • 1st Place Rip Curl City Slam Makassar (2014)
  • Best Trick at Rip Curl City Slam Makassar (2014)
  • Best Trick at Fornas Bali (2015)
  • 3rd Place PROJAM Gang Of Skate (2017)
  • 1st Place G.O.S at Vans X Spitfire by Motion SkateShop (2017)
  • 2nd Place PROJAM Gang Of Skate Best Of The Best (2018)
Baca juga:  Pernah Lihat Hal yang Beginian? Selamat Kamu Udah Di Bali

Gila banget nih orang, pengalamannya di dunia skate udah pro banget dah. Maklum doi memulai karir di dunia skate sejak 12 tahun yang lalu. kalo dipikir-pikir bearti sejak masih kecil udah senang sama olahraga ekstrim ini.

Rahasia dibalik kemenangan Dewa Oka dalam berbagai kompetisi

dewa oka
ternyata ini rahasianya

Tiap juara pasti punya rahasia latihan mereka agar lebih menonjol dari yang lain. Mz mencoba menanyakan sama doi soal rahasia prestasi yang udah ditoreh sampai sejauh ini dan jawabannya adalah “Usaha ga bakalan menghianati hasil”.

Baca juga:  Tukad Di Bali yang Dulu Kotor Sekarang Jadi Rekomendasi Wisata

Mz masih belum mengerti pemahaman itu dan doi menjelaskan, kalo lewat kerja keras dan tekun pasti bakalan bisa juara kayak doi dan sekarang banyak sponsor dari brand gede yang mau support doi terus-terusan. Enak banget si Dewa Oka.

Potensi skater Bali dari mata Dewa Oka

dewa oka
ga boleh stengah-stengah katanya

Doi melihat banyak banget bakalan ada atlet-atlet skate Bali yang berpotensi lebih hebat darinya, karena tingkat antusias nak muda Bali terhadap skate sangatlah tinggi. Jadi, ga bakalan berhenti di Oka aja bibit unggulnya.

“Kalo potensi sih udah pasti sangat-sangat banyak, apalagi sekarang sudah banyak sekali fasilitas untuk main skate, mulai dari bowl sampai street park, pemerintah juga sudah memberikan kita fasilitas yang layak dan komunitasnya juga kuat. Beberapa tahun kedepan saya yakin pasti lebih banyak lagi skater lokal yang muncul dengan bakat dan style-nya masing masing” papar Oka

Diakhir kata doi berpesan kepada seluruh anak muda Bali, baik yang suka bermain skate atau suka bermain yang lainnya untuk “Ga boleh stengah-stengah dalam menjalani suatu hal” tutup doi karena udah malem. Buat yang masih kepo, silahkan kepon doi di IG-nya @dewaoka_ yaa, biar kamu ga mati penasara.

Comments

comments