Dari Pada Plagiat Karya Orang, Mending Cari Inspirasi Mural di Tempat-Tempat Ini

1191
views
Inspirasi Mural
foto: Monez / Instagram

Di minggu-minggu kemarin, Mz dapet informasi kalau salah satu teman Mz yang namanya Monez dilanda musibah. Musibah yang dialami sebenarnya sering ditemui oleh orang-orang yang bergelut di bidang kreatif, khususnya desain. Perlu diperjelas lagi? Masalah plagiarism, karyanya dijuplak orang lain.

Masalah ini udah dibahas dan diselesaikan langsung sama doi. Udah selesai dong Mz? Iya, udah selesai. Clear~

View this post on Instagram

View this post on Instagram

UPDATE 17th December 2018 Terimakasih atas perhatian dan semangat teman-teman, INI UNTUK SEMUA TEMAN-TEMAN DI BIDANG KREATIF, KITA HARUS BICARA ATAS APA YANG MENJADI HAK KITA ! MEMPERJUANGKAN HAK CIPTA KITA ! Proven, It is a blatant Plagiarism The mural artist who did it already admit and apologized that he copied my artwork at @foliebali , based on reference given by Kin Seminyak, he admit that during the process he view the full design by browsing the original images through @foliebali instagram. Kin Seminyak also apologize that they did not meant to copy the design, but they admit that they use my design as a reference and give it to the Mural Artist and ask him to make an alteration so it wont be the same, but When it’s turn out the same as Folie Bali Mural, Kin Seminyak doesn’t confront the mural artist, and continue using the Mural as their media campaign. But all went well, we sat together and make things clear, The Mural artist will take down the mural, and Kin Seminyak will take down any media campaign associated with this copied Mural. Ladies and gentlemen, WE WON 🙏🏻 . Berikut salinan pernyataan yang kami tanda tangani: SURAT PERNYATAAN PENJIPLAKAN DI KIN SEMINYAK Folie, sebagai pemilik design meminta: 1. Mural di Kin Seminyak yang mirip mural di Folie dihapus dan diganti dengan mural lain/design lain 2. Menghapus semua marketing campaign & sosial media yang berkaitan dengan mural tersebut,baik secara digital & cetak Monez, sebagai pencipta design: 1. Meminta permintaan maaf dari pihak Kin & Iwan (mural syndicate) bahwa memang benar Iwan menjiplak karya Monez untuk proyek nya di Kin Seminyak. 2. Meminta permintaan maaf kepada semua pihak yang terblok ketika meminta klarifikasi di akun instagram Kin Seminyak. Kin, sebagai penjiplak karya: 1. Permintaan maaf dari Kin Seminyak sebagai pihak yang memesan design dengan memberikan refrensi Mural Folie kepada Iwan (Mural Syndicate), tanpa memeriksa ulang kembali hasil akhirnya merupakan hasil jiplakan. Iwan (Mural Syndicate) 1. Permintaan maaf, mengakui, menjiplak karya Monez di Kin Seminyak dan akan menghapus mural tersebut di Kin Seminyak

A post shared by Monez (@monez_) on

A post shared by Monez (@monez_) on Dec 17, 2018 at 5:23am PST

Penyelesaian masalahnya berlangsung alot banget. Kalau kamu kepo, kamu bisa liat langsung di highlights yang udah dibuat sama Monez di akun instagramnya.

Eh, kamu udah pada tau kan mural itu apaan? Mz yakin banget kalian semua udah pada tau, wong dari kecil udah sering ngelakuinnya kok. Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Ini namanya mural. Source Image: flameatrip.com

Pengen belajar? Atau pengen cari inspirasi mural? Tenang, ini Mz punya rekomendasinya kok.

Inspirasi Mural dan Wadah Bermural di Kota Denpasar

Rurung Mural

Inspirasi Mural
Doi lagi gambar, gaes. Image: Humas Denpasar

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah kreatifitas bagi seniman dan kaula muda guna menambah keindahan lingkungan sekitar. Kalau pengen main ke sini silahkan ke kawasan Jalan Gurita, Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan.

Desa Panjer Hijau

Inspirasi Mural
Yang begini memang harus di dukung, Pak. Image: Humas Denpasar

Program Desa Panjer Hijau yang di launcing Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra, Selaasa (23/10) ditandai dengan menggoreskan kuas didinding lukisan mural dan membuka selubung nama ini diharapkan dapat membangkitkan rasa peduli lingkungan bagi masyarakat.

Rurung Mural Denpasar

Inspirasi Mural
Itu si Om ngapain yak? Image: Humas Denpasar

Namanya sama dengan yang pertama, cuma daerahnya aja yang beda. Rurung Mural yang satu ini berada di Desa Dauh Puri Klod, tepatnya di Jalan Serma Made Phil, Jalan Serma Mendra, dan Jalan Teuku Umar Gang Rajawali. Cari inspirasi mural sangat boleh banget di sini.

Taman Kota Lumintang

Inspirasi Mural

Akhirnya selesai juga proses mempercantik Youth Park dengan seni mural. Cihuy! Kegiatan ini bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya Sekolah Tinggi Desain Bali (STD Bali), New Media College, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Denpasar, Badan Kreatif Denpasar, Badan Pemuda Kreatif Denpasar,  perusahaan Cat PT Propan Raya, serta PT. Limesoda.

Nah, dari beberapa tempat yang udah Mz sebutkan tadi, tempat mana yang udah pernah kamu kunjungin untuk cari inspirasi mural? Atau jangan-jangan kamu orang sana atau orang yang menggambar di sana? Keren!

Dari pada gambar-gambar liar, mending gambar di tempat yang sudah disediakan toh.

Comments

comments