Dapur Orang Bali Ga Cuman Dipakai Masak, Bisa Juga Bikin Kamu Bersih

576
views
dapur orang bali

“Sebelum mecelep ke tengah umah, ke paon malu nah”, begitu kata-kata yang diucapkan orang tua kamu saat kamu baru sampai di rumah. Jangan lupa ke dapur dahulu sebelum masuk kamar, soalnya sebuah tradisi yang sampai saat ini masih dipercayai oleh umat Hindu di Bali adalah untuk terlebih dahulu ke dapur agar tetap selamat.

Secara umum kamu sendiri dapur memang dipakai tempat untuk memasak atau makan bersama, tetapi dapurnya orang Bali multifungsi, di mana posisi dapur memiliki peranan sangat penting dalam menjaga keselamatan rumah orang di Bali.

Cuman dapur doang apa saktinya? Menurut kepercayaan, di dapur inilah tempat Dewa Brahma bersemayam, makanya kamu disuruh usap-usap tangan kamu ke bungut pone atau sekedar menyalakan api kompor.

Ngapain harus kayak gitu? Katanya biar melebur semua efek negatif kamu yang menempel ditubuh kamu saat kamu keluar tadi. Kita tidak tahu kan dijalanan itu kayak gimana, kali aja ada parasit-parasit magis menempel ditubuh kamu.

Ini alasan kenapa orang yang lagi sebel atau cuntaka melukat di dapur

dapur orang bali
Dapur dulu lah | Sumber gambar: desainrumahterbaru

Berdasarkan penjelasan Budayawan Denpasar I Gede Anom Ranuara dalam Bali Express dapur di Bali memiliki banyak makna, baik untuk upacara agama maupun sebagai tempat penyucian diri. Hal tersebut dikaitkan dengan Dapur sebagai Stana tempat bersemayam Dewa Brahma versinya kalau di rumah kamu.

Dalam lontar Wariga Krimping disebutkan bahwa, Dewi Saraswati yang merupakan sakti dari Dewa Brahma sebagai Dewa yang memberikan penyucian diri. Ketika seseorang mengalami sebel atau cuntaka setelah melakukan upacara Pitra Yadnya, dapat memohon panglukatan kepada Dewa Brahma di pelangkiran dapur.

Selain itu, dalam lontar Dharma Kahuripan dan lontar Puja Kalapati, dijelaskan bahwa tahapan Upacara Matatah, salah satu ritualnya kamu harus ke paon atau dapur juga lho, makanya dapur orang Bali ini banyak manfaatnya.

Diikuti ilmu hitam, siap-siap lebur saat di dapur

dapur orang bali
Biar lebur sampai ke tanah | Sumber gambar: tripadvisor

Jangan pernah takut kalau kamu diikuti ilmu hitam atau hawa negatif, karena seperti yang sudah dijelaskan, kalau saat didapur semuanya akan dileburkan. Hal ini tertuang juga dalam Lontar Asta Kosala Kosali dan Asta Bumi.

Makanya ada mitos yang ada di Bali, kalau penghuninya tidak ke dapur terlebih dahulu, ketika sampai di rumah, maka Bhuta Kala atau segala ilmu hitam mengikutinya sampai di dalam kamar. Baru deh perasaan kamu mulai tidak tenang, terus tiba-tiba bisa jatuh sakit tanpa alasan yang tidak jelas (kayak diputusin gitu).

Percaya tidak percaya, sampai sekarang ritual ini tetap berjalan ditengah kehidupan modern orang Bali. Namanya juga warisan turun temurun, jadi tidak salahnya meyakini sesuatu yag sudah ada sebelum kamu ada di bumi. Jangan lupa ke dapur, ingat biar selamat.

 

Comments

comments