Cari Sayur Serombotan Enak? Kamu Harus Ke Klungkung!

57
views
sayur serombotan

Ternyata Klungkung terkenal juga dengan salah satu kulinernya yang ga asing kamu dengar selama ini. Sayur Serombotan adalah kuliner khas Klungkung yang pas banget buat kamu nikmati dengan berbagai sajian es Bali, seperti es gula, es campur, maupun es daluman.

Siapa sangka, akibat kuliner khas ini, sekarang dapat dengan mudah kamu temui di berbagai pelosok daerah Bali. Saking terkenalnya cita rasa dari kuliner ini, jadinya banyak ragam rasa bumbu dari Sayur Serombotan tersebut.

sayur serombotan
Enak banget sayurnya | Sumber gambar: Instagram

Temen Mz ngasih saran, kalo mau nyari Sayur Serombotan yang enak, kenapa ga langsung aja cari ke tempat asalnya, yaitu di Klungkung, Bali. Langsung aja meluncur ke Klungkung demi mendapatkan cita rasa sayuran Serombotan yang benar-benar enak.

Sayur Serombotan Klungkung, pedes gila

sayur serombotan
Pedasnya bikin nagih | Sumber gambar: kompas

Sampai disana Mz langsung mencari pedagang yang jualan kuliner ini. Cukup dengan Rp. 5.000,-an aja udah dapet seporsi kuliner ini dengan cita rasa yang pedas banget. Buat kamu yang suka makan pedas, ini recommended banget nih buat dicoba.

Bumbu Serombotan sendiri terdiri dari berbagai sayur–sayuran. Antara lain kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat. Semua jenis sayuran tersebut direbus dengan api sedang hingga matang kecuali terong. Kemudian dipotong pendek untuk mempermudah penyajian. Selain berbagai macam sayuran serombotan, juga disajikan dengan beberapa jenis kacang. Kacang merah, kacang ijo, kacang tanah,  dan kacang hitam sehingga orang menyebutnya dengan serombotan kacang.

sayur serombotan
Pas banget digabung sama nasi anget

Bumbu yang digunakan ada 3 jenis, pertama adalah sambal kelapa parut atau lebih dikenal dengan nama “Sambal Nyuh”. Sebelum diparut kelapa tua dibakar diatas api kecil, kemudian dicampur dengan bawang putih, cabai, garam, terasi, dan sedikit gula Bali yang telah dihaluskan. Bumbu kedua adalah bumbu kacang yang merupakan campuran kacang tanah yang sudah ditumbuk halus, bawang putih, cabai, garam, terasi dan gula Bali. Kemudian digoreng dengan sedikit minyak supaya bumbu matang dan tahan lama. Nah, bagi mereka yang suka pedas bumbu terakhir adalah pilihan yang paling tepat. Namanya bumbu “Uyah Sere Limo“. Terdiri dari cabai, garam, terasi, dan perasan buah jeruk purut.

Gimana? Tertarik untuk mencoba? Langsung aja berangkat ke Klungkung, Bali dan masih banyak tempat wisata disana yang wajib kamu kunjungi. Kalo kamu bingung bisa lihat artikel Mz seputar wisata di Bali di www.masbrooo.com

Comments

comments