Cara Cerdas Mengatur Keuangan

379
views
Uang
Source Gambar: huffingpost.com

Mengatur uang ternyata jauh lebih mudah dari pada mengatur pacar. Kebanyakan dari kita terlambat untuk memulai langkah kecil dalam mengatur uang. Maka dari itu, yuk kita intip cara cerdas mengatur keuangan kita demi kehidupan yang lebih baik.

JANGAN TERLALU SERING PERGI YANG MENGELUARKAN UANG BANYAK
Uang
Gaya bets lau. Soource Gambar: job-like.com

Sadarilah kalau kamu itu jomblo jadi nggak usah buang-buang uang untuk krgiatan yang tidak penting. Kalau kamu punya pacar, cobalah untuk membahas ini secara serius, jalan-jalan memang penting, tapi jangan sampai setiap hari. Jangan keseringan traktir pacar juga, karena sebenernya yang mentraktir pacar kamu adalah bapak kamu. Uangnya kan dari Bapak kamu, Brohh…

BERPIKIR SEBELUM MEMBELI
Uang
Jangan sampe salah beli. Source Gambar: giphy.com

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Pikirkan baik-baik setiap barang yang kamu beli itu merupakan kebutuhan atau keinginan. Kalau memang barang tersebut merupakan sebuah kebutuhan, maka belilah. Kalau barang tersebut hanyalah keinginan, semasih belum perlu cobalah untuk tidak membelinya. Mulai sekarang biasakan untuk menunda kesenangan untuk sementara waktu. Karena kesenangan yang lebih besar akan datang jika kamu berhasil menerapkan itu.

PERHATIKAN SETIAP PENGELUARAN
Uang
Kaya dari hasil nggak beli minum diluar. Source Gambar: giphy.com

Setiap saat mengeluarkan uang berfikirlah bahwa hartamu sudah berkurang. Dengan demikian maka kamu akan memperhatikan hal-hal kecil. Contohnya air minum, lebih baik kita bawa dari rumah. Bayangin deh harga botol minuman kemasan seharga Rp 3000, berarti Rp 3000 x 30 hari = Rp 90.000, dalam 12 bulan = Rp 90.000 x 12 = Rp 1.080.000. Bisa nabung SATU JUTA RUPIAH dalam setahun!

INGAT KEWAJIBAN 20%
Uang
Mayannnnn. Source Gambar: manfaat.co.id

TOLONG DICATET! Catet di mana aja asal jangan di daftar hadir kelas. Disiplinkan diri sendiri untuk menabung 20% dari uang yang masuk setiap bulannya.

PENGHASILAN TAMBAHAN

Mulai mencoba mencari penghasilan tambahan sejak dini adalah hal yang luar biasa. Hal ini akan membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab. Pengahsilan tambahan bisa didapat melalui beasiswa, nyambi pas weekend, freelance, bekerja sesuai hobi, dan lainnya.

Kamu pasti bisa! Semangat!

Comments

comments

Previous articleJaya Negara Buka Gebyar Yoga IHDN Denpasar Tahun 2017
Next articleYang Ini Bener Tapi Ini Salah

Gosen. Boleh pake ‘s’ boleh juga pake ‘z’. Berpikir layaknya bernafas, setiap saat. Main twitter sama instagram di @gosendra kalo lagi pengen. Jarang main facebook tapi kalo mau berteman cari aja Agus Hendra Putra Yasa & kadang bercerita di storysyalala.tumblr.com

SHARE