Candi Bawah Laut Pemuteran. Kok Bisa Ada?

569
views
Candi Bawah Laut
Pic from avillabali.com

Di tahun 2010an yang lalu kalau nggak salah, sempet heboh di dunia maya keberadaan Candi bawah laut tepatnya di daerah Pemuteran, Singaraja, Bali.

Banyak asumsi yang bermunculan, pertanyaannya dari manakah asal candi ini? Hmmm…

Ada yang bilang candi ini peninggalan jaman dulu, tapi semua itu terbantahkan. Ternyata semua ini adalah ulah dari perusahaan selam PT Sea Rovers.

Ini candi buatan, Brooo. Candi bawah laut tersebut atau kita sebut saja terumbu karang buatan yang bernama Taman Pura ini sengaja dibuat agar para wisatawan tertarik untuk menyelam sekaligus bagian dari proyek konservasi terumbu karang di daerah Pemuteran. Benda-benda seni karya pengrajin lokal seperti patung dan gapura ditenggelamkan ke laut.

Keren dong. Pic from pedomanwisata.com

Candi Bawah Laut adalah Bagian dari Konservasi Karang Lestari

Taman Pura ini adalah bagian dari proyek konservasi terumbu karang bernama Karang Lestari yang dimulai pada bulan Juni tahun 2000 di daerah Pemuteran dengan menenggelamkan banyak jenis benda ke laut. Apa aja tuh? Iya itu yang udah Mz sebutin di atas.

Banyak yang terlibat di sini. Mulai dari pemilik hotel, nelayan, perusahaan penyelaman, ilmuan, dan penggiat konservasi lingkungan. Tujuannya apa? Ya untuk melindungi dan merehabilitasi terumbu karang serta meningkatkan persediaan makanan ikan dong. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian nelayan dan menjadi obyek pariwisata.

Pengen cobain ke sini nok. Pic from reresepan.com

Tembus Top 10 Underwater Sight!

Nah, dari keindahan Candi Bawah Laut ini ternyata masuk 10 besar kategori Top 10 Underwater Sight yang tercantum di dalam buku Lonely Planet: 1000 Ultimate Sight lo. Nyakcak!

Wajar sih, dilihat dari keunikan dan eksotisme keindahan Candi Bawah Laut ini seolah mirip banget kayak peninggalan arkeolog.

Sensasi menyelam yang gokil. Pic from dailyhotels.id

Kalau udah pernah ke sini, pasti udah merasakan dong gimana indahnya suasana di sini. Buat yang belum pernah, cobain deh melali ke sini. Tapi kalau masih ragu, kanggoin liat fotonya aja.

Comments

comments