Berpetualang Menyusuri Keindahan Pesona Hidden Canyon Guwang

107
views
hidden canyon

Mz masih kepo soal wisata alam di Bali yang belum sempat Mz kunjungi. Apadaya hasilnya, ternyata kaki membawa kembali ke daerah Gianyar, di mana Mz pernah ke Tegenungan Waterfall dan seru banget waktu kesananya.

Kali ini Mz pengennya suasana kayak Hidden Canyon gitu dan ada juga nih di Gianyar tempat wisata kayak gitu namanya Hidden Canyon Guwang yang berlokasi di Desa Guwang, Sukawati, Gianyar. Jangan lupa kalo di Sukawati harus wajib menikmati Nasi Lawar Merlinnya ya.

Kalo dari Denpasar sih, sekitaran 48 menit sampai di tempat ini, tapi buat kamu yang baru kesini mending sebaiknya menggunakan jasa pemandu dari penduduk setempat atau orang yang sudah pengalaman menyusuri sungai Guwang. Untuk tiba di lokasi ngarai harus menempuh rute sepanjang 700 meter menyusuri sungai yang memiliki batu-batu licin. Tanpa pemandu wisatawan akan kebingungan mencari rute atau jalan yang dapat dilalui maupun tidak untuk menuju lokasi ini.

Perjalanannya lumayan ekstrim buat kamu yang jiwa petualangnya masih cetek. Mau ga mau untuk sampai ke tempat harus basah-basahan dikit. Tapi pas udah sampai disini, semua basah dan penderitaan kamu selama perjalanan akan terbayar dengan sejuta keindahan dari Hidden Canyon Guwang.

Kepopuleran Hidden Cayon Guwang berawal dari upload foto iseng

hidden canyon
Kasihan doi sendirian disana | Sumber gambar: balitourtips

Berdasarkan Kanalwisata.com awalnya tempat ini bisa jadi populer karena setelah seorang fotografer asal Klungkung mengunggah di internet. Foto-foto yang eksotik dan menawan tersebut banyak membuat orang penasaran untuk mengetahui dimana lokasi tersebut. Padahal, tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Pasar Seni Sukawati yang sudah terkenal di Bali.

Setelah mulai banyak wisatawan lokal dan asing berkunjung ke obyek wisata ini, maka oleh desa adat dikelola sebagai sebuah tempat wisata. Wisatawan tidak dipungut tiket biaya masuk untuk mengunjungi ngarai ini, namun untuk menunjang pembangunan dan perawatan fasilitas wisata, pengunjung dapat memberi donasi sukarela. Selain itu, masyarakat sekitar dan pengunjung tidak diperkenankan untuk memancing atau menangkap ikan, bahkan desa telah menyebar benih ikan untuk mempercantik air sungai.

hidden canyon
Gass aja sudah | Sumber gambar: kutatransport.com

Yakin ga mau kesini? Awas nyesel kamu ga sempet foto-fotoan disini dan Mz saranin jangan kesini pas musim hujan ya, soalnya air sungai bakalan deras banget dan susah buat menjangkau tempat ini.

Comments

comments