Berlajar Budaya Jepang bareng Harachi Smapan

0
56
views
harachi smapan

Yang Mz tau Jepang itu rumahnya anime-manga, dan tentu saja Miyabi. Tapi ga hanya itu, Jepang juga punya sejarah menarik yang bisa kalian pelajari. Nah, berhubung Mz masih kurang pemahaman soal Jepang, nih Mz ketemu sama grup Jepang SMAN 8 Denpasar bernama Hachi Sakura Uchiwa.

harachi smapan
Baju boleh Jepang, tapi muka masih Ketapang.

Hachi Sakura Uchiwa atau sapaannya sering disebut Harachi Smapan ini bertujuan untuk memperdalami budaya dan bahasa Jepang itu sendiri. Jadi, anak-anak di SMAN 8 Denpasar yang memiliki minat atau menyukai seputar Jepang, bisa ikutan di sini. Santai, anggotanya asik-asik dan gokil-gokil.

Biasanya Harachi Smapan melakukan kegiatannya tiap hari Jumat, habis para siswa pulang sekolah. Ga hanya mempelajari budaya dan bahasa Jepang ternyata, mereka juga diajarin masak makanan khas Jepang, seperti onigiri, takoyaki, dan kare, dan lain-lain. Nah enak ga tuh? Udah jelas enak, soalnya isi acara masak-masakannya.

Harachi Smapan juga pernah tampil dalam beberapa ajang kompetisi yang berbau Jepang, salah satunya D’jafu UNUD 4th tahun 2015 kategori Story Telling. Bayangin aja, para peserta bercerita dengan menggunakan bahasa Jepang, mantep banget pasti penguasaan bahasanya. Ga ada salahnya mempelajari kebudayaan dan bahasa negara lain, karena kita juga secara tidak langsung dapat melatih kemampuan soft skill kita semua, asalkan kebudayaan lokalnya tetap dilestarikan yaa… Kan ga lucu bisa kebudayaan negara lain, tapi ga tahu mengenai kebudayaan sendiri. Ke depannya Harachi Smapan ingin dapat mengenalkan budaya dan bahasa Jepang kepada masyarakat sekolah dan memajukan nama baik sekolah dengan cara mengikuti perlombaan Bahasa Jepang khususnya.

harachi smapan
Muridnya seru, gurunya pun lebih seru

Jangan lupa semakin kalian mengasah kemampuan berbahasa kalian, maka wawasan kalian juga bertambah dan itu yang bakal membedakan kalian dari siswa lainnya yang cuman pulang sekolah terus nongkrong. Buat yang masih kepo bisa follow aja Instagram-nya di @harachismapan. Luangkan masa muda kalian dengan berbagai kegiatan yang lebih produktif, biar ada bekal nantinya saat kalian udah di dunia kerja. Tetap kreatif dan selalu positif.

Comments

comments