Bebas Bukan Berarti Liar

0
232
views
liar
Si anjing coklat. Source Gambar: bbc.com

Banyak orang yang bersahabat dengan hewan, terutama hewan peliharaan. Bagaimana dengan hewan liar? Banyak juga sih. Terus, bagaimana dengan hewan yang sengaja diliarkan? Langsung saja contohnya anjing yang diliarkan.

Di Bali khususnya kita punya hewan ras asli Bali yaitu anjing bali yang sering disebut Peanut Dog alias “Kuluk Kacang”. Hanya karena namanya Kuluk Kacang bukan berarti mereka anjing yang harus dikacangin. Dibilang dikacangin karena sekarang banyak sekali anjing-anjing bali yang diliarkan, tidak terawat dan sangat jarang yang mau bersahabat dengan mereka. Mereka itu anjing-anjing kita asli dari rumah kita “Bali”. Seharusnya kita bisa bersahabat dengan mereka, bukan menjauhi mereka.

“Mereka galak dan liar!” itu bukan alasan buat menjauhi mereka. Coba kita terima mereka apa adanya guys. Anjing adalah hewan yang bisa jadi teman setia, anjing bali juga bisa. Asalkan kita bisa pendekatan dengan mereka.

BERI ANJINGMU WAKTU UNTUK BERSOSIALISASI

Jika teman-teman punya anjing yang diikat ataupun dikandangi dirumah, pastikan ikatannya kuat. Tetapi jangan selalu diikat, berikan juga mereka waktu dan ruang untuk bermain tanpa diikat atau diluar kandangnya.

KASI KESEMPATAN BUAT KENALAN SAMA KAMU

Ketika bertemu dengan anjing jangan terburu-buru ketakutan ataupun menjauh, selama mereka tidak terlihat mengancam kita tetap bisa berdekatan dengan mereka, berikan mereka kesempatan untuk berinteraksi.

BERIKAN NAMA BIAR LEBIH AKRAB

Berikan nama dan selalulah memanggilnya dengan nama itu. Untuk di awal pancing dengan makanan esukaannya sambil memanggil namanya. Hari demi hari anjing akan terbiasa.

CARE

via GIPHY

Mulailah merawatnya (memandikan, memberinya makan tepat waktu, bermain atau jalan-jalan bersamanya hingga membuang hajatnya dan selalu ingat untuk mengecek kesehatan mereka).

KASI ILMU BIAR ANJINGNYA PINTER

via GIPHY

Berinteraksilah dengan mereka ajari mereka isyarat atau ajak mereka berbicara. Walaupun mereka tidak mengerti, jika sudah terbiasa dan dilakukan berulang-ulang mereka akan mengerti gerak-gerik/intonasi kita.

Sebenarnya bersahabat dengan anjing itu sangat mudah, apalagi dengan Kuluk Kacang. Karena mereka sangat mudah beradaptasi dan setia. Jadi mari kita jalin persahabatan dengan teman dirumah kita “Kuluk Kacang”. Jangan dikacangin tapi dikasihi.

Comments

comments

LEAVE A REPLY