Basa Bali Wiki: Kelangsungan Budaya Ada Ditangan Kalian

384
views
basa bali

Kearifan lokal Bali ga cuman bahas tentang tempat dengan keaslian penduduk Bali, beserta budayanya. Tapi bahasa juga termasuk dalam kearifan lokal yang harus tetap lestari sampai generasi selanjutnya. Sebelumnya Mz sempat bahas tiga generasi yang sekarang menguasai bumi, yaitu anak milenial, generasi micin, dan kids jaman now. Mereka adalah generasi yang udah serba kekinian gitu.

Jadi, generasi sekarang udah mulai gengsi dalam berbahasa daerahnya, terutama bahasa Bali. Bahasa Bali adalah bahasa yang dianggap kuno dan kampungan banget. Situ sehat? Ngapain gengsi berbahasa Bali? Kamu harusnya bangga jadi orang Bali dan menggunakan bahasa pergaulan dengan bahasa Bali.

Ngomongin soal bahasa Bali, ada nih sebuah komunitas yang lagi berusaha mempromosikan bahasa Bali gitu bernama Basa Bali Wiki. Komunitas ini didirikan tahun 2011 sebagai kolaborasi antara ahli bahasa (ilmu/pemerintah/media) dan orang lain yg tertarik kepada bahasa Bali dan bahasa lokal. Komunitas ini memulai gerakannya dengan membuat software interaktif dan multimedia untuk belajar bahasa Bali.

Kegiatan menarik Basa Bali Wiki yang wajib kamu tahu

basa bali
Nih, mereka lagi sibuk kepoin lontar

Anggota dari komunitas ini, terdiri dari para peneliti kebahasaan, dosen, antropolog, sukarelawan, mahasiswa dan masyarakat umum yang peduli dengan keberlangsungan bahasa lokal yaitu bahasa Bali. “Kami membuat kamus bahasa bali yang kami sebut wiki basa bali yang dapat digunakan sebagai ensiklopedi budaya Bali. Ini juga merupakan sebuah alat untuk memperkuat keberlangsungan bahasa Bali. Melalui Basa Bali Wiki ini kami juga melibatkan masyarakat umum dalam inisiatif menguatkan bahasa Bali” ujar Clara Listya Dewi, salah satu anggota Basa Bali Wiki.

Nah, kalo kegiatan mereka sih biasanya yang paling sering itu, kayak memeprkenalkan berbagai konten-konten baru dalam bahasa Bali mengenai perkembangan budaya Bali. Komunitas ini juga pernah kolaborasi bareng Duta Bahasa Provinsi Bali mengadakan Basa Bali Wiki goes to Balai Bahasa dan mengadakan pelatihan penerjemahan untuk pemula.

basa bali
Bangga punya mereka

Keren bukan komunitas ini? Pastinya mereka semua peduli akan keberlangsungan bahasa Bali di masa depan. Makanya mumpung masih muda, udah saatnya bikin gerakan perubahan, kayak mereka. Komunitas ini juga udah bikin beberapa video pengucapan bahasa Bali, penggunaan tanaman obat Bali berdasarkan usada Bali, kamus Balinese-Indonesia-English Wiki Dictionary.

Komunitas ini masih ingin mencari mencari relawan-relawan yang akan membantu kami menjadi kontributor pada portal Basa Bali Wiki. “Kami berharap banyak anak muda yang mau ikut serta dan peduli dengan perkembangan/ kelestarian bahasa Bali karena keberlangsungan/keberlanjutan bahasa Bali ada ditangan masyarakat Bali itu sendiri” tutup Clara dengan riang gembira.

Buat kamu yang pengen gabung, bisa langsung email Clara di clara@BASAbali.org / nyomanclara@gmail.com. Bisa follow IG mereka di wikibasabali, Twitter @BASABali, dan Facebook BASABali Wiki.

Comments

comments