Ayu Wiranti: Di-fleksibelin Aja Kondisimu

0
81
views
ayu wiranti

Ayu Wirati… Denger namanya kayaknya, ayu banget pasti ni cewek. Ceritanya Mz iseng buka Instagram-nya Bajang Bali tau-tau ngelihat cewek manis banget senyumnya bernama Ni Ketut Ayu Wiranti.

Ya udah langsung coba tak chat kali aja mau diajak ngobrol. Tanpa menunggu lama akhirnya chat pun berbalas, lalu kita pun mulai bertutur kata…

Selamat pagi Ayu, apa kabar nih?
Pagi, Mz! Baik-baik kok.

Lagi sibuk apaan nih?
Biasa nih baru masuk kuliah, lagi sibuk masa-masa OSPEK di Undiksha (Universitas Pendidikan Ganesha) nih, Mz!

Semangat, Yu! Semoga kakak seniornya naksir sama kamu.
Apaaan sih, Mz! Biasa aja mereka… Biasa menyiksa aku, hahahaha!

Di Undiksha ngambil jurusan apa?
Aku ngambilnya jurusan Bahasa Inggris, Mz!

Kenapa ngambil Bahasa Inggris, Yu? Apa karena pacar kuliah disana?
Karena keadaan ekonomi yang menengah ke bawah, aku nyari beasiswa buat kuliah aku. Tujuanku cuma 1 sih waktu baru mau nyari kampus, kalau ga dapet beasiswa, ga kuliah. And finally, aku dapetnya di Undiksha. Hmm, ya karena orang tua, karena kakak aku juga nyaranin disana sih! Tapi sebenernya sih pengen di STP Jakarta, cuman karena ga dikasi sama orang tua dengan alasan “terlalu jauh”. Jadi disuruh di Bali, terus nyari kampus negeri tapi yang lulusan keguruan. Ya udah, akhirnya nyemplung di Undiksha.
Kalau masalah pacar, pacar orang banyak, Mz! Hahahaha! Aku sampe sekarang belum punya pacar nih, pengen fokusin di kuliah dulu.

Wah nasib-nasib, tapi tetap semangat pokoknya, Yu, jangan menyerah! Kali aja emang jodoh di sana kamunya. Bya the way SMA dulu dimana?
Aku lulusan SMKN 2 Kintamani. Ngambil jurusan perikanan. Tapi sekarang lari ke Bahasa Inggris, hahaha!

Kayak gimana jurusan perikanan tu?
Sekolah yang jurusan perikanan itu cuma ada 2 di Bali, Mz! Yang satu di Gerokgak yang satu lagi di sekolahku, tepatnya di Songan.
Jurusannya itu lengkapnya Agribisnis Perikanan. Jadi dia itu mencakup semua tentang perikanan kayak budidayanya, pengolahannya, penelitian tentang ikan, penyebaran perikanan. Intinya yang berbau perikanan deh!

Nah, kenapa ga di Unud aja kamu kuliahnya? Kan ada jurusan Perikanan, Yu?
Nah itu lagi masalahnya, Mz! Dipaksa orang tua kuliah di Undiksha ngambil Bahasa Inggris.

ayu wiranti
Kalo udah di senyumin sama Ayu, gimana gitu jadinya. Jadi pengen senyum balik live.

Yah, padahal Ayu Wiranti punya potensi besar, karena udah lama berkecimpung di dunia perikanan. Kali aja doi mau kuliah di Perikanan Unud, bakalan lebih paham dan profesional masalah perikanan di Bali. Sayang banget kan kalau sekarang banting stir ke Bahasa Inggris Undiksha, tapi mungkin disana jodohnya Ayu.

Selama SMA, kamu pernah ga ikutan lomba-lomba gitu?
Aku sempet ikut seleksi Olimpiade di Kabupaten 2015 sama 2016, tapi dapet Juara 3 dua-duanya. Aku juga ikut LKS SMK (lomba jurusan anak SMK) tingkat Provinsi tahun 2014 dapet Juara 3, tahun 2015 dapet Juara 1, jadi lolos ke Nasional. Pas LKS SMK Nasional aku dapet Juara 3. Lumayanlah bekel lanjut kuliah.

Mantep banget, Yu! Tapi apa rahasianya biar bisa kayak kamu?
Ga ada, Mz! Inget makan secukupnya, sama kurangi makan micin, hahahaha!

Terus apa yang bikin kamu semangat sampai sekarang nih?
Semangat, karena ada banyak orang yang udah nyemangatin aku. Aku masih semangat kuliah karena aku ingin merubah keberadaan orang tuaku. Maksud aku itu, karena mereka itu ga lulus SD dulu jadi, aku pengen jadi yang lebih dari mereka sesuai dengan yang mereka minta, yaitu aku harus bisa sekolah tinggi-tinggi.

Wah, wah! Semoga cepet lulus ya. Mz doain yang terbaik deh buat kamu.
Ada ga keinginan buat bikin sesuatu yang berguna untuk Bali nih, Yu?
Ga ada yang bisa aku lakuin sih buat Bali. Ga bisa go Internasional seperti orang-orang hebat. Cukup jaga diri, jaga perasaan, jaga hati untuk Bali. Kalo bisa, ngembangin sektor perikanan yang ada di Bali lewat penyaluran ilmu yang sudah aku dapet di SMK dan menjalani kuliah Bahasa Inggris aku sampai punya kelas private Bahasa Inggris. Svaha.

Ternyata banyak hal yang bisa digali dari sosok rendah hati ini. Mz sempet kasihan, doi disuruh kuliah jurusan Bahasa Inggris, tetapi dengan semangat dan motto-nya Ayu “fleksibel”,  tetap tidak meredam api semangat mudanya untuk terus meju menggapai impiannya, yaitu ingin sekolah setinggi mungkin hingga menembus langit ke tujuh. Eh salah maksudnya, sampai gelar Sarjana.

Mumpung kalian masih muda, sekarang coba lihat passion kamu agar ga menyesal nantinya. Buat kepo kehidupan Ayu bisa follow langsung di Instagram doi di @ayuwirantii.

Comments

comments